Manifesto politik menjadi salah satu doktrin pada masa demokrasi terpimpin keterangan yang benar mengenai manifesto politik Republik Indonesia adalah….

manifesto politik menjadi salah satu doktrin pada masa demokrasi terpimpin keterangan yang benar mengenai manifesto politik Republik Indonesia adalah….
a. berisi usulan presiden mengenai GBHN
b. memuat penjabaran dari paham nasakom
c. merupakan inti pidato Presiden yang berjudul nawaksara
d. merupakan pidato Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1959

Jawaban yang benar adalah opsi D.

Presiden Soekarno mengungkapkan bahwa Revolusi Indonesia memiliki lima gagasan penting, yakni Undang-Undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia. Kelima gagasan tersebut kemudian disingkat USDEK yang selanjutnya dikaitkan dengan manifesto politik sehingga muncul Manipol-USDEK. Manifesto Politik merupakan penjelasan resmi mengenai Dekrit Preside 5 Juli 1959. Kemudian Manipol-Usdek menjadi doktrin dan dijadikan ideologi serta haluan negara. Manipol-Usdek ini diumumkan oleh Presiden dalam pidatonya pada 17 Agustus 1959 yakni saat kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, yang termasuk keterangan mengenai Manifesto Politik adalah D. merupakan pidato Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1959

Semoga membantu yaa 🙂