Dampak revolusi industri di indonesia

Dampak revolusi industri di indonesia

Dampak revolusi industri di Indonesia adalah munculnya industri gula, berkembangnya imperialisme modern di Indonesia, diterapkannya kebijakan Undang-Undang Gula, Pembangunan jalur kereta api di pulau Jawa

Simak pembahasan berikut.

Munculnya revolusi industri tidak hanya memberikan dampak global, tetapi juga berpengaruh bagi Indonesia. Beberapa dampak revolusi industri bagi Indonesia, yaitu:

a. Munculnya industri gula
Pada pertengahan tahun 1800-an, Belanda mulai membangun industri gula besar di Jawa dengan mengeksploitasi penduduk asli.

b. Munculnya imperialisme modern di Indonesia
Kolonialisme modern mendorong bangsa Eropa berlomba-lomba mencari wilayah untuk memenuhi kebutuhan bahan mentah dan pasar industri. Salah satu yang menjadi incaran bangasa Eropa adalah Indonesia.

c. Diterapkannya kebijakan Undang-Undang Gula (Suiker Wet) Pemerintah kolonial Belanda Undang-undang ini mengatur penghapusan kewajiban budidaya tebu kepada petani secara bertahap di Hindia-Belanda.

d. Pembangunan jalur kereta api di pulau Jawa
Perkembangan kereta api di pulau Jawa pada tahun 1864, yang kemudian digunakan untuk sarana transportasi.

Dengan demikian, dampak revolusi industri di Indonesia adalah munculnya industri gula, berkembangnya imperialisme modern di Indonesia, diterapkannya kebijakan Undang-Undang Gula, Pembangunan jalur kereta api di pulau Jawa