Kedatangan bangsa bangsa barat di Indonesia pada abad XVI menggunakan kapal berukuran besar. pada periode tersebut kapal dilengkapi kompas dan layar berukuran besar. berdasarkan keterangan tersebut, faktor pendorong kedatangan bangsa bangsa barat di Indonesia adalah

kedatangan bangsa bangsa barat di Indonesia pada abad XVI menggunakan kapal berukuran besar. pada periode tersebut kapal dilengkapi kompas dan layar berukuran besar.

berdasarkan keterangan tersebut, faktor pendorong kedatangan bangsa bangsa barat di Indonesia adalah
a. pencarian daerah rempah rempah
b. semboyan gold, GLORY, dan gospel
c. keinginan membangun jalur perdagangan baru
d. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Jawaban yang tepat adalah yang d. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Salah satu faktor yang mendorong bangsa barat Eropa datang ke Indonesia ialah karena di Eropa terjadi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada akhir abad ke-15M, Ilmu pengetahuan di Eropa berkembang dengan pesat, hasilnya bangsa Eropa berhasil membuat kapal-kapal besar yang dapat mengarungi samudera, menemukan kompas untuk menentukan arah mata angin dan bubuk mesiu, dimana semua itu dapat mereka gunakan untuk mengarungi samudera (lautan luas).

Bangsa Portugis dan Spanyol adalah bangsa Eropa yang mempelopori penjelajahan samudera. Awalnya pada tahun 1509 Portugis tiba di Malaka (pusat perdagangan di Asia Tenggara) dan pada tahun 1511 baru berhasil merebut dan menguasai Malaka. Setelah melakukan peralanan dari Malaka, Portugis bertujuan untuk mencari pulau rempah-rempah dan pada tahun 1512 rombongan orang Portugis yang dipimpin oleh Alfonso d’Albuquerque berhasil memasuki wilayah Maluku, Indonesia bagian Timur. Selanjutnya pada tahun 1521 bangsa Spanyol tiba ke Maluku dan pada tahun 1596 bangsa Belanda tiba di Banten.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.