Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki perbedaan budaya dan adat istiadat. Perbedaan tersebut tidak menyebabkan perpecahan. Itulah hebatnya bangsa Indonesia. Meskipun tampak berbeda-beda, pada dasarnya bangsa Indonesia adalah satu. Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …

Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki perbedaan budaya dan adat istiadat. Perbedaan tersebut tidak menyebabkan perpecahan. Itulah hebatnya bangsa Indonesia. Meskipun tampak berbeda-beda, pada dasarnya bangsa Indonesia adalah satu. Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah suku bangsa di Indonesia memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Gagasan utama adalah ide utama atau inti pembahasan dari sebuah paragraf.
Gagasan utama bisa disebut juga ide pokok, topik, tema, pokok pikiran, gagasan umum, dan lainnya. Gagasan utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir, atau di awal dan di akhir (campuran). Ciri gagasan utama di awal kalimat adalah mengungkapkan pernyataan umum, biasanya berisi definisi. Selanjutnya, gagasan utama di akhir kalimat berisi kesimpulan, cirinya adalah terdapat kata seperti jadi, oleh karena itu, maka, dengan demikian, dan lain-lain.

Cara menentukan gagasan utama adalah sebagai berikut.
1. Lihatlah kalimat terakhir paragraf! Apakah termasuk kesimpulan?
2. Jika tidak ada kesimpulan di akhir paragraf, maka gagasan utama ada di awal paragraf.

Berdasarkan soal di atas, teks tersebut mengandung kalimat utama di awal kalimat karena mengungkapkan pernyataan umum mengenai suku bangsa Indonesia. Kutipannya adalah “Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki perbedaan budaya dan adat istiadat.” Dari kalimat utama di atas, dapat disimpulkan gagasan pokoknya adalah suku bangsa di Indonesia memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda.

Semoga membantu ya:)