Revolusi Indonesia merupakan periode penting bagi bangsa Indonesia. Jelaskan pengaruh revolusi tersebut pada masa kini!

Revolusi Indonesia merupakan periode penting bagi bangsa Indonesia. Jelaskan pengaruh revolusi tersebut pada masa kini!

Periode revolusi kemerdekaan di Indonesia yang berlangsung pada 1945-1950 merupakan periode penting karena Indonesia berupaya mendapatkan pengakuan kedaulatan dari negara lain. Upaya pengakuan kedaulatan tersebut dilakukan melalui upaya diplomasi dan perang fisik. Selain itu, kedua upaya tersebut berhasil mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Periodesasi sejarah Indonesia pada 1945-1950 dikenal dengan nama Revolusi Kemerdekaan. Pada masa ini terjadi upaya diplomasi dan perang fisik dikarenakan rongrongan dari Belanda untuk kembali menjajah di Indonesia. Perjuangan diplomasi merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari negara lain. Selain itu, diplomasi juga memperlihatkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia memiliki iktikad baik dalam penyelesaian konflik melalui cara damai.

Selain upaya diplomasi, Indonesia juga melakukan perlawanan atau perang fisik. Hal ini dikarenakan pasukan sekutu (pemenang Perang Dunia II) melalukan upaya untuk menyerahkan kekuasaan kembali ke tangan Belanda. Diantara peperangan yang terjadi, yaitu; Pertempuran Medan Area, Arek-Arek Suroboyo, Bandung Lautan Api.

Oleh karena itu, pengaruh perjuangan diplomasi dan perang fisik pada masa revolusi yaitu keberhasilan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Semoga membantu ya…