fbpx

Mengapa kita harus memiliki rasa cinta tanah air?

mengapa kita harus memiliki rasa cinta tanah air?

Alasan untuk diperlukan sikap cinta tanah air adalah karena hanya kita yang dapat memberikan rasa cinta terhadap tanah air sendiri. Apabila orang yang berasal dari luar Indonesia memiliki rasa cinta akan Indonesia akan membuat potensi untuk terjadinya perpecahan maupun bubarnya Republik Indonesia itu sendiri.

Pembahasan :

Cinta tanah air adalah sebuah rasa akan bangga serta memiliki dari sebuah kondisi dari wilayah tertentu. Perasaan tersebut akan dapat dilakukan perwujudan ke dalam sebuah rasa akan rela berkorban dalam memberikan perlindungan dari wilayahnya pada berbagai macam gangguan maupun ancaman. Sebuah rasa cinta akan tanah air akan menjadi sebuah sikap alamiah yang dimiliki oleh manusia sejak manusia tersebut lahir.
Dengan memiliki rasa cinta akan tanah air maka akan menciptakan sebuah sifat maupun perilaku dalam melakukan pembelaan terhadap tanah airnya, memberikan penjagaan hingga perlindungan dari tanah airnya dan rela untuk berkorban terhadap kepentingan dari nusa dan bangsa. Rasa cinta akan tanah air juga dapat diperlihatkan melalui sebuah adat serta budaya yang terdapat didalam negara dengan cara melakukan pelestarian budaya, alam serta lingkungannya.
Contoh sikap dalam mencintai tanah air adalah:

Bangga untuk menjadi bangsa Indonesia.

Bangga dalam memanfaatkan dan mencintai produk buatan dalam negeri.

Menjaga nama baik bangsa Indonesia.

Menggunakan hak pilih saat pemilihan umum.

Mematuhi segala macam aturan dan hukum yang berada di Indonesia.

Semoga membantu.♡