fbpx

Perhatikan kalimat berikut. “Sebelum memberikan tanggapan kritis terhadap sesuatu, kita harus memahami dulu … yang akan kita tanggapi” Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat di atas adalah ….

Perhatikan kalimat berikut.
“Sebelum memberikan tanggapan kritis terhadap sesuatu, kita harus memahami dulu … yang akan kita tanggapi”
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat di atas adalah ….
A. Wacana
B. Masalah
C. Opini
D. Fakta

Jawaban yang tepat adalah B.

Yuk, kita simak pembahasan berikut.

Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi penyampaian tanggapan mengenai suatu masalah, peristiwa, fenomena, isu, atau hal lainnya dengan analisis yang mendalam dari berbagai sudut pandang. Tanggapan ini disampaikan tentu tergantung pada pendapat orang yang mengkritisi. Dengan begitu, pengkritisi bisa menyampaikan rasa setuju atau tidak setuju.

Ciri-ciri teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut.
(1) Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena atau masalah yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.
(2) Terdiri atas tiga bagian, yaitu evaluasi, deskripsi masalah, dan penegasan ulang.
(3) Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis. Kaidah kebahasaannya yaitu menggunakan kalimat kompleks, konjungsi, kata rujukan, dan pilihan kata yang sesuai.

Karena teks tanggapan kritis merupakan pendapat sesorang terhadap suatu masalah/fenomena, maka kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah ‘masalah’. Pemahaman penulis tanggapan terhadap masalah yang dibahas adalah hal yang sangat penting karena penulis tidak akan bisa memberikan tanggapan yang tepat jika tidak memahami masalah yang diangkat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.