fbpx

Tirana memang berkuasa seperti Tuhan, tapi dia bukanlah Tuhan – meski usianya sudah ratusan tahun, ia menghadapi masalah cinta seperti seorang remaja. Setelah gerbang Istana Pasir tertutup dengan sendirinya, dan hamparan permadani cahaya di lapangan hilang lenyap bersamanya, masih terdengar rintihan tangis Tirana yang memilukan, disusul keheningan yang panjang, begitu panjang, sehingga bahkan angin tidak bertiup dari manapun bagaikan tenggelam dalam perkabungan. Tanpa angin yang bertiup, bendera dan umbul-umbul tidak berkibar dan suasana menjadi lesu dan udara panas dan orang-orang menjadi gelisah. (Negeri Senja, Seno Gumira A.) Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah….

Tirana memang berkuasa seperti Tuhan, tapi dia bukanlah Tuhan – meski usianya sudah ratusan tahun, ia menghadapi masalah cinta seperti seorang remaja. Setelah gerbang Istana Pasir tertutup dengan sendirinya, dan hamparan permadani cahaya di lapangan hilang lenyap bersamanya, masih terdengar rintihan tangis Tirana yang memilukan, disusul keheningan yang panjang, begitu panjang, sehingga bahkan angin tidak bertiup dari manapun bagaikan tenggelam dalam perkabungan. Tanpa angin yang bertiup, bendera dan umbul-umbul tidak berkibar dan suasana menjadi lesu dan udara panas dan orang-orang menjadi gelisah.
(Negeri Senja, Seno Gumira A.)

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah….
A. Cerpen sulit dipahami karena hanya mementingkan aspek keindahan bahasa.
B. Kisah yang diangkat mengenai kerajaan yang tak nyata dan cerita fantastis belaka.
C. Cerpen hanya menonjolkan alur dan latar cerita tanpa memunculkan konflik.
D. Menonjolkan penggambaran suasana dan tokoh, namun mengaburkan konflik cerita.
E. Latar yang tidak jelas membuat cerpen tersebut kurang menarik bagi pembaca.

Jawaban dari soal di atas adalah A.

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kritik adalah kecaman atau tanggapan, atau kupasan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Kalimat kritik merupakan kalimat yang berisi kecaman atau tanggapan terkait baik buruk suatu karya, pendapat, dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri kritik sebagai berikut.
1) Bersifat menanggapi atau mengomentari karya orang lain.
2) Menunjukkan kelebihan dan kekurangan.
3) Memberi saran perbaikan.
4) Bertujuan menjembatani pemahaman pembaca.

Berdasarkan pemaparan tersebut, kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen di atas adalah cerpen sulit dipahami karena hanya mementingkan aspek keindahan bahasa. Sebab, kalimat kritik tersebut bersiat menanggapi atau mengomentari dan menunjukkan kekurangan cerpen di atas, serta bertujuan menjembatani pemahaman pembaca terkait bahasanya yang sulit dipahami.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

Semoga membantu.