Watak tokoh aku dalam paragraf ketiga kutipan tersebut adalah . . .

Di Plumbungan ini terletak satu-satunya SD di sekitar daerahku. Ketika aku masih kecil, aku termasuk anak yang paling ngotot untuk tetap sekolah. Biarpun Bapak dan Mamak tak pernah men dukungku sekolah, aku tetap nekat. Yah… dengan keterbatasan yang harus kutelan. Maklumlah untuk makan cukup saja sering kesusahan. Tak pernah ada cukup sisa tenaga untuk memikirkan sekolah. Aku berangkat setelah shalat subuh dalam keadaan malam yang masih gulita dengan berbekal obor dan baru pulang ke rumah jam tiga sore. Itu pun aku masih harus mencari lamtoro kering untuk dijual ke pasar demi kelangsungan sekolahku. Tak jarang aku merasa lelah dan ingin berhenti sekolah. Tapi semua segera kutepis jauh. Aku ingin jadi orang pintar, tekadku kala itu.
Sumber: Joni Ariadinata, “Pulang ke Bapak” dalam Aku Bisa Nulis Fiksi. Yogyakarta, Diva Press, 2016

Watak tokoh aku dalam paragraf ketiga kutipan tersebut adalah . . .

Watak tokoh aku dalam paragraf ketiga kutipan tersebut adalah orang yang pantang menyerah dan pekerja keras.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Prosa fiksi adalah kisah yang memiliki pemeran, latar, serta tahapan rangkaian peristiwa yang dihasilkan oleh imajinasi penulisnya sehingga menjalin suatu kesatuan kisah. Unsur intrinsik teks cerita prosa di antaranya tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, dan amanat. Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin suatu cerita. Karakter atau sifat dari seorang tokoh disebut penokohan. Tujuan diciptakannya suatu penokohan adalah untuk menghidupkan jalan cerita dari tokoh atau pelaku.

Berdasarkan soal di atas, terdapat kutipan teks yang menunjukkan watak tokoh aku, yakni “Tapi semua segera kutepis jauh. Aku ingin jadi orang pintar, tekadku kala itu.” Kalimat tersebut menunjukkan bahwa watak tokoh aku adalah pantang menyerah dan pekerja keras agar bisa menjadi orang yang sukses.

Jadi, watak tokoh aku dalam paragraf ketiga kutipan tersebut adalah orang yang pantang menyerah dan pekerja keras.

Semoga membantu ya:)