Cermatilah kutipan teks di bawah ini! (1) Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan! (2) Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum! (3) Bubuhkan 1 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram sebanyak 3 sendok makan air rendaman beras, biarkan hingga agak kering! (4) Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk! (5) Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang! (6) Terakhir, taburi kerak telor dengan kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan! Kutipan teks di atas termasuk ke dalam struktur teks prosedur berupa ….

Cermatilah kutipan teks di bawah ini!
(1) Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan!
(2) Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum!
(3) Bubuhkan 1 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram sebanyak 3 sendok makan air rendaman beras, biarkan hingga agak kering!
(4) Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk!
(5) Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang!
(6) Terakhir, taburi kerak telor dengan kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan!

Kutipan teks di atas termasuk ke dalam struktur teks prosedur berupa ….
A. Perincian
B. Bahan
C. Langkah
D. Tujuan

Jawaban untuk soal ini adalah C.

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau cara untuk melakukan sesuatu.

Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut.
1. Tujuan berisi tujuan dari teks tersebut.
2. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan.
3. Langkah-langkah berisi urutan langkah-langkah membuat.
4. Penegasan ulang berisi kesimpulan.

Berdasarkan uraian di atas, kutipan teks di atas termasuk ke dalam struktur teks prosedur berupa langkah-langkah pembuatan kerak telor, dibuktikan pada salah satu langkah kerjanya yaitu “Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan!”

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.