Cermatilah kutipan teks di bawah ini! Pertama, campur dan aduk susu dan air, sambil dipanaskan di atas api kecil. Kemudian, cairkan tepung maizena dan campurkan dengan adonan. Setelah itu, sambil tetap mengaduk, angkat adonan dari atas api, campurkan dengan gula, putih telur, dan vanili, lalu aduk terus sampai adonan berwarna putih. Rebus adonan sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat adonan dari atas api sambil terus diaduk hingga dingin agar adonan tidak menggumpal. Setelah dingin, masukkan ke dalam freezer. Jika sudah dingin dan beku, kamu dapat menambahkan bahan pelengkap. lainnya, seperti stroberi atau choco chips untuk mempercantik es krim buatanmu. Selanjutnya, es krim sederhana siap untuk •dihidangkan. Kutipan teks tersebut menginformasikan cara ….

Cermatilah kutipan teks di bawah ini!
Pertama, campur dan aduk susu dan air, sambil dipanaskan di atas api kecil. Kemudian, cairkan tepung maizena dan campurkan dengan adonan. Setelah itu, sambil tetap mengaduk, angkat adonan dari atas api, campurkan dengan gula, putih telur, dan vanili, lalu aduk terus sampai adonan berwarna putih. Rebus adonan sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat adonan dari atas api sambil terus diaduk hingga dingin agar adonan tidak menggumpal. Setelah dingin, masukkan ke dalam freezer. Jika sudah dingin dan beku, kamu dapat menambahkan bahan pelengkap. lainnya, seperti stroberi atau choco chips untuk mempercantik es krim buatanmu. Selanjutnya, es krim sederhana siap untuk •dihidangkan.

Kutipan teks tersebut menginformasikan cara ….
A. membuat e s krim
B. menikmati es krim
C. membeli es krim yang berkualitas
D. memanfaatkan panganan es krim

Jawaban untuk soal ini A.

Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan tentang langkah-langkah atau cara membuat sesuatu.

Cara membuat teks prosedur adalah sebagai berikut.
1. Tentukan tema.
2. Siapkan alat dan bahan.
3. Tulis struktur teks prosedur.
4. Buat teks prosedur sesuai struktur.
5. Sunting kembali.

Berdasarkan uraian di atas, kutipan teks tersebut menginformasikan cara “Membuat es krim” dibuktikan pada kalimat tekahir “Selanjutnya, es krim sederhana siap untuk dihidangkan.”

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.