Kutipan tersebut menceritakan masa . . . tokoh aku.

Di Plumbungan ini terletak satu-satunya SD di sekitar daerahku. Ketika aku masih kecil, aku termasuk anak yang paling ngotot untuk tetap sekolah. Biarpun Bapak dan Mamak tak pernah men dukungku sekolah, aku tetap nekat. Yah… dengan keterbatasan yang harus kutelan. Maklumlah untuk makan cukup saja sering kesusahan. Tak pernah ada cukup sisa tenaga untuk memikirkan sekolah. Aku berangkat setelah shalat subuh dalam keadaan malam yang masih gulita dengan berbekal obor dan baru pulang ke rumah jam tiga sore. Itu pun aku masih harus mencari lamtoro kering untuk dijual ke pasar demi kelangsungan sekolahku. Tak jarang aku merasa lelah dan ingin berhenti sekolah. Tapi semua segera kutepis jauh. Aku ingin jadi orang pintar, tekadku kala itu.
Sumber: Joni Ariadinata, “Pulang ke Bapak” dalam Aku Bisa Nulis Fiksi. Yogyakarta, Diva Press, 2016

Kutipan tersebut menceritakan masa . . . tokoh aku.

Kutipan tersebut menceritakan masa lalu tokoh aku.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Teks yang memiliki alur adalah jenis teks prosa fiksi. Prosa fiksi adalah kisah yang memiliki pemeran, latar serta tahapan rangkaian peristiwa yang dihasilkan oleh imajinasi penulisnya sehingga menjalin suatu kesatuan kisah. Dalam teks prosa, seperti cerpen dan novel, terdapat unsur intrinsik yang membangun teks tersebut. Salah satu unsur intrinsik teks cerita prosa adalah alur. Alur adalah jalan cerita yang berisi serangkaian peristiwa yang saling berkaitan satu sama lain.

Berikut adalah macam-macam alur.
1. Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.
2. Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).
3. Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Jika suatu cerita diawali dengan mengungkapkan kenangan atau peristiwa yang sudah terjadi, maka cerita tersebut menggunakan alur mundur, yakni alur yang susunannya dari waktu yang bergerak mundur. Seperti pada teks tersebut, kutipan teks “Ketika aku masih kecil, aku termasuk anak yang paling ngotot untuk tetap sekolah.” menunjukkan cerita tersebut mengisahkan masa lalu, yaitu masa saat tokoh aku masih kecil.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kutipan tersebut menceritakan masa lalu tokoh aku.

Semoga membantu ya:)