fbpx

Sebutkan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi penyebab “sebab”

sebutkan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi penyebab “sebab”

Contoh kalimat yang menggunakan kata ‘sebab’ sebagai konjungsi penyebab adalah “Ia tidak akan datang sebab kakinya masih terluka”.

Yuk, kita simak pembahasan berikut.

Konjungsi sering disebut pula sebagai kata penghubung antarkata, antarklausa, antarkalimat atau antarparagraf. Dalam penggunaannya, konjungsi tidak mengandung suatu makna atau tujuan tertentu karena konjungsi memang hanya berperan sebagai kata penghubung atau kata sambung saja.

Macam dan jenis konjungsi dalam bahasa Indonesia cukup banyak, salah satu jenisnya adalah konjungsi penyebab. Konjungsi penyebab atau kausal digunakan untuk menghubungkan peristiwa yang terjadi atas tindakan tertentu. Ciri-ciri penggunaan konjungsi penyebab, yaitu hubungan antar klausa dalam kalimat yang digunakan. Contoh konjungsinya adalah “sebab, karena, oleh karena itu, sebab itu”.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ‘sebab’ sebagai konjungsi penyebab adalah “Ia tidak akan datang sebab kakinya masih terluka”. Kalimat tersebut terdiri atas dua klaua=sa, yaitu (1) “ia tidak akan datang” dan (2) “kakinya terluka”. Klausa kedua merupakan penyebab terjadinya klausa pertama.

Lagi Viral :  I... (24) to school at 06.30a.m. I always go to school with my sister.

Dengan demikian, contoh kalimat yang menggunakan kata ‘sebab’ sebagai konjungsi penyebab adalah “Ia tidak akan datang sebab kakinya masih terluka”.

Semoga membantu.