Perhatikan kutipan berita berikut! Yogyakarta – Lembaga pendidikan keagamaan atau madrasah di bawah Kemenag di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipastikan tidak akan mengikuti kebijakan Lima Hari Sekolah (LHS). Penerapan LHS di madrasah dikhawatirkan akan menimbulkan problem sosial. Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam kutipan teks berita tersebut adalah… .

Perhatikan kutipan berita berikut!
Yogyakarta – Lembaga pendidikan keagamaan atau madrasah di bawah Kemenag di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipastikan tidak akan mengikuti kebijakan Lima Hari Sekolah (LHS). Penerapan LHS di madrasah dikhawatirkan akan menimbulkan problem sosial.

Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam kutipan teks berita tersebut adalah… .
A. Sumber berita
B. Penggunaan konjungsi temporal
C. Penggunaan keterangan waktu dan tempat
D. Penggunaan konjungsi bahwa

Jawaban untuk soal ini adalah C.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Teks berita merupakan karangan yang berisi tentang peristiwa atau kejadian faktual dan aktual. Teks berita dapat ditemukan dalam bentuk media cetak atau media elektronik.

Kaidah kebahasan teks berita, yaitu:
a) menggunakan konjungsi temporal,
b) menggunakan keterangan waktu dan tempat,
c) menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung, dan
d) menggunakan kata kerja tindakan.

Berdasarkan penjelasan, kaidah kebahasaan yang terdapat dalam kutipan teks berita di atas penggunaan keterangan waktu dan tempat.
1. Keterangan tempat dalam kalimat “Lembaga pendidikan keagamaan atau madrasah di bawah Kemenag di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)” adalah “di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)”.
2. Keterangan tempat dalam kalimat “Penerapan LHS di madrasah dikhawatirkan akan menimbulkan problem sosial.” adalah “di madrasah”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu, ya. 🙂