Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut! 1. Novel karya Luluk Hidayatul Fajriyah berkisah tentang perjuangan tokoh bernama Natasha 2. Kay Loovi ingin mendapatkan hatinya Iqbal,seorang pria yang dirinya kagumi saat masih duduk di bangku SMA. 3. Novel menghadirkan beragam cerita menarik untuk dinikmati para pembaca misalnya kisah cinta,kehidupan,dan tragedi 4. peristiwa itu disebabkan Iqbal memiliki karakter yang tidak pernah memberikan respons kepada wanita yang mendekatinya 5. novel marioposa menuangkan. kisah percintaan romantis remaja dengan balutan unsur komedi 6. akan tetapi,buka perkara mudah untuk Acha sapaan akrab Natasa Kay Loovi meluluhkan hati sang pujaan hati susunan kalimat-kalimat acak agar menjadi teks resensi padu adalah…

perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!

1. Novel karya Luluk Hidayatul Fajriyah berkisah tentang perjuangan tokoh bernama Natasha
2. Kay Loovi ingin mendapatkan hatinya Iqbal,seorang pria yang dirinya kagumi saat masih duduk di bangku SMA.
3. Novel menghadirkan beragam cerita menarik untuk dinikmati para pembaca misalnya kisah cinta,kehidupan,dan tragedi
4. peristiwa itu disebabkan Iqbal memiliki karakter yang tidak pernah memberikan respons kepada wanita yang mendekatinya
5. novel marioposa menuangkan. kisah percintaan romantis remaja dengan balutan unsur komedi
6. akan tetapi,buka perkara mudah untuk Acha sapaan akrab Natasa Kay Loovi meluluhkan hati sang pujaan hati

susunan kalimat-kalimat acak agar menjadi teks resensi padu adalah…
a. 3-1-5-2-6-4
b. 3-4-1-2-5-6
c. 3-5-1-2-6-4
d. 4-5-2-1-6-3
e. 4-6-1-2-5-4

Jawaban yang tepat adalah C.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara mendahulukan kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain.

Cara mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu adalah sebagai berikut.
1. Baca keseluruhan kalimat acak dengan saksama.
2. Pilihlah kalimat yang bersifat umum dan memuat gagasan utama.
3. Perhatikan penanda wacana atau kata penghubung.
4. Susunlah kalimat menjadi rangkaian paragraf padu.

Berdasarkan penjelasan di atas, susunan kalimat-kalimat acak agar menjadi teks resensi padu adalah (3)-(5)-(1)-(2)-(6)-(4). Susunan yang padu adalah sebagai berikut.
(3) Novel menghadirkan beragam cerita menarik untuk dinikmati para pembaca, misalnya kisah cinta, kehidupan, dan tragedi. (5) Novel marioposa menuangkan. kisah percintaan romantis remaja dengan balutan unsur komedi. (1) Novel karya Luluk Hidayatul Fajriyah berkisah tentang perjuangan tokoh bernama Natasha. (2) Kay Loovi ingin mendapatkan hatinya Iqbal, seorang pria yang dirinya kagumi saat masih duduk di bangku SMA. (6) Akan tetapi, bukan perkara mudah untuk Acha sapaan akrab Natasa Kay Loovi meluluhkan hati sang pujaan hati. (4) Peristiwa itu disebabkan Iqbal memiliki karakter yang tidak pernah memberikan respons kepada wanita yang mendekatinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.