Cermatilah kutipan teks di bawah ini! (1) Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan! (2) Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum! (3) Bubuhkan 1 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram sebanyak 3 sendok makan air rendaman beras, biarkan hingga agak kering! (4) Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk! (5) Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang! (6) Terakhir, taburi kerak telor dengan kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan! Kata-kata yang menunjukkan urutan pada kutipan tersebut adalah ….

Cermatilah kutipan teks di bawah ini!
(1) Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan!
(2) Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum!
(3) Bubuhkan 1 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram sebanyak 3 sendok makan air rendaman beras, biarkan hingga agak kering!
(4) Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk!
(5) Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang!
(6) Terakhir, taburi kerak telor dengan kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan!

Kata-kata yang menunjukkan urutan pada kutipan tersebut adalah ….
A. aduk
B. biarkan
C. terakhir
D. panaskan

Jawaban untuk soal ini adalah C.

Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan tentang langkah-langkah atau cara membuat sesuatu.

Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut.
1. Tujuan berisi tujuan dari teks.
2. Alat dan bahan yang digunakan.
3. Langkah-langkah berisi urutan langkah-langkah membuat sesuatu.
4. Penegasan ulang berisi kesimpulan.

Berdasarkan uraian di atas, kata-kata yang menunjukkan urutan pada kutipan tersebut adalah “Terakhir” dibuktikan pada kutipan kalimat “Terakhir, taburi kerak telor dengan kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan!”

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.