Hal yang dapat diteladani dari tokoh adalah ….

Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut ini.

Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya. Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya ia harus jadi orang sukses. Pada saat ia kuliah di Jerman itu, tahun 1955, di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh adalah ….

A. Belajar dengan sungguh-sungguh dan pekerja keras
B. Tidak mengikuti ujian
C. Tidah patuh pada orang tua
D. Menghamburkan uang dengan berfoya-foya
E. Mencari pengalaman bekerja

Jawaban yang benar adalah A.

Teks biografi adalah teks yang menjelaskan kisah hidup seseorang atau tokoh.

Struktur teks biografi terdiri atas tiga bagian, yaitu:
1. Orientasi
Orientasi merupakan bagian awal dari teks biografi. Bagian ini memuat informasi umum sang tokoh, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan lain-lain.
2. Peristiwa penting
Pada bagian ini disusun secara kronologis atau urutan waktu kejadian. Peristiwa yang ditulis merupakan peristiwa utama atau yang paling berkesan dialami tokoh sehingga pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup sang tokoh.
3. Reorientasi
Reorientasi merupakan pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah dijabarkan sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, hal yang dapat diteladani dari tokoh adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan pekerja keras. Dibuktikan dengan kutipan “Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar.”, kutipan teks tersebut merupakan peristiwa penting yang menjelaskan keteladanan sang tokoh.