Kenapa Angin darat terjadi saat malam hari? ????

Kenapa Angin darat terjadi saat malam hari? ????

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah pada malam hari terjadi angin darat karena udara di lautan lebih panas dibandingkan dengan daratan.

Terjadinya angin darat dan angin laut termasuk contoh perpindahan panas secara konveksi akibat perbedaan suhu di daratan dan di lautan pada malam dan siang hari. Dalam fisika, konveksi diartikan sebagai perpindahan panas atau kalor melalui zat perantara dan disertai dengan perpindahan zat perantara. Zat perantara pada konveksi angin darat dan angin laut adalah udara. Untuk diketahui, angin darat terjadi pada malam hari dan angin laut terjadi pada siang hari.

Pada malam hari terjadi angin darat karena udara di lautan lebih panas dibandingkan dengan daratan. Akibatnya, udara panas di lautan akan naik dan posisinya akan digantikan oleh udara dingin dari daratan. Sementara itu, pada siang hari terjadi angin laut karena udara di daratan lebih panas dibandingkan dengan daratan. Akibatnya, udara di daratan akan naik dan posisinya akan digantikan oleh udara dingin dari lautan.

Jadi, pada malam hari terjadi angin darat karena udara di lautan lebih panas dibandingkan dengan daratan.