Rupanya kecepatan angin sangat memengaruhi keras lemahnya suara kincir. Makin keras angin bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumbu kincir pun bertambah keras. Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan hasil observasi di atas adalah ….

Rupanya kecepatan angin sangat memengaruhi keras lemahnya suara kincir. Makin keras angin bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumbu kincir pun bertambah keras.
Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan hasil observasi di atas adalah ….
A. jenis-jenis kecepatan angin
B. Pengaruh kecepatan angin terhadap kincir angin. keepatan
C. Hubungan antara kecepatan angin dengan perputaran kincir angin.
D. Tiupan angin dapat menyebabkan berputarnya kincir angin.

Jawaban yang tepat adalah B.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan kegiatan hasil observasi/pengamatan secara langsung.

Ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi, yaitu objek yang diamati harus jelas, bersifat objektif, tidak menyimpang, dan hasil sesuai fakta.

Pada soal di atas terdapat penggalan teks laporan hasil observasi mengenai kincir angin. Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan hasil observasi adalah pengaruh kecepatan angin terhadap kincir angin.

Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, yaitu “Rupanya kecepatan angin sangat memengaruhi keras lemahnya suara kincir.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu 🙂