Text explanasi

text explanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana” suatu kejadian, baik yang bersifat alam maupun sosial.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan berikut.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Teks eksplanasi memiliki struktur sebagai berikut ini.
1. Identifikasi Fenomena
Pada bagian ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi.
2. Rangkaian Kejadian (Proses Kejadian)
Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut.
3. Interpretasi
Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai ulasan atau penarikan kesimpulan. Pembaca juga dapat memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Berikut ini contoh teks ekplanasi.
1. Teks eksplanasi tentang proses terjadinya banjir.
2. Teks eksplanasi tentang proses terjadinya gempa.

Dengan demikian, teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana” suatu kejadian, baik yang bersifat alam maupun sosial.

Semoga membantu ya! 🙂