fbpx

Struktur teks diskusi berisi pendapat pendapat pro dan kontra adalah

Struktur teks diskusi berisi pendapat pendapat pro dan kontra adalah

Struktur teks diskusi berisi pendapat pendapat pro dan kontra adalah bagian argumen.

Yuk, kita simak penjelasan berikut.

Diskusi merupakan suatu interaksi komunikasi yang terjalin antara dua pihak, baik individu dan individu, individu dan kelompok, maupun antarkelompok, berupa pembahasan mengenai suatu pengetahuan yang pada akhirnya menghasilkan pemahaman yang baik dan benar mengenai suatu topik bahasan tertentu. Sementara itu, teks diskusi adalah sebuah tulisan yang memberikan dua pendapat yang berbeda, baik pro atau mendukung, maupun kontra atau menentang.

Struktur teks diskusi adalah sebagai berikut.
(1) Isu. Berisi permasalahan atau isu pokok pembahasan. Diskusi diawali dengan penggambaran atau penjabaran singkat mengenai topik yang akan dibahas. Penggambaran tersebut dapat berupa beberapa sudut pandang yang menjadi perdebatan secara sekilas.

(2) Argumen. Argumen adalah bagian dimana terjadi penyampaian pendapat. Terdapat argumen pro (mendukung) dan kontra (menolak). Argumen berisi sanggahan atau pernyataan yang menguatkan salah satu posisi. Bagian argumen dalam teks diskusi berbeda dengan argumen dalam teks eksposisi dan teks tanggapan. Argumen pada teks diskusi dukungan dan pertentangan terhadap sebuah isu. Sementara argumentasi dalam teks eksposisi berisi dan teks tanggapan bersi pendapat yang memperkuat salah satu pernyataan.

(3) Kesimpulan. Akhir dari teks diskusi yang berisi kesimpulan dan saran. Bisa dituangkan dalam bentuk rekomendasi atau penyelesaian masalah.

Berdasarkan pemaparan tersebut, maka struktur teks diskusi berisi pendapat pendapat pro dan kontra adalah bagian argumen.

Semoga membantu.