Berikut jadwal kegiatan penggalangan dana bagi warga Islam dan RW 14 Kelurahan Sindoro pukul 9 waktu Indonesia Barat koordinasi panitia pukul 9.30 waktu Indonesia Barat penggalangan dana pukul 13 waktu indonesia barat penyaluran dana kutipan tersebut termasuk bagian proposal

berikut jadwal kegiatan penggalangan dana bagi warga Islam dan RW 14 Kelurahan Sindoro pukul 9 waktu Indonesia Barat koordinasi panitia pukul 9.30 waktu Indonesia Barat penggalangan dana pukul 13 waktu indonesia barat penyaluran dana kutipan tersebut termasuk bagian proposal

Kutipan tersebut termasuk bagian proposal, yaitu jadwal kegiatan.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan akan dijelaskan secara sistematis ataupun terperinci. Teks proposal juga dapat disebut sebuah teks usulan untuk menyelenggarakan sebuah acara/kegiatan.

Sistematika penulisan proposal kegiatan adalah sebagai berikut.
1) Judul proposal: berisikan nama kegiatan, pada prinsipnya sama seperti halnya judul suatu tulisan.
2) Latar belakang kegatan: berisikan pemaparan alasan mengapa suatu kegiatan harus dilaksanakan.
3) Tujuan kegiatan: berisikan poin-poin dari tujuan utama dari diadakannya kegiatan tersebut, lalu bagian ini menjadi acuan dan juga barangkali menjadi tolok ukur keberhasilan acara tersebut.
4) Peserta kegiatan: berisi tentang lembaga, personil, organisasi, atau kelompok masyarakat tertentu yang akan menjadi peserta dari kegiatan.
5) Waktu dan tempat pelaksanaan: susunan acara dijelaskan secara detail mengenai susunan kegiatan yang akan dilangsungkan, bila perlu bisa dilengkapi juga dengan penanggung jawab setiap sesi acara.
6) Ketentuan-ketentuan: berisikan berbagai hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan. Contohnya seperti himbauan, larangan, ataupun peraturan yang harus diikuti oleh seluruh peserta.
7) Jadwal kegiatan: berisi jadwal dari kegiatan yang akan dilaksanakan.
8) Susunan Kepanitiaan: berisi susunan panitia yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan acara.
9) Rencana anggaran: rincian biaya penyelenggaraan kegiatan.
10) Penutup: bagian akhir dari struktur perencanaan laporan kegiatan. Bagian ini merupakan semacam ‘rayuan’ terakhir penyusun proposal kepada pembaca untuk menentukan diterima atau tidaknya sebuah proposal.

“Berikut jadwal kegiatan penggalangan dana bagi warga Islam dan RW 14 Kelurahan Sindoro:
-Pukul 09.00 WIB koordinasi panitia.
-Pukul 09.30 WIB penggalangan dana.
-Pukul 13.00 WIB penyaluran dana.”

Dengan demikian, kutipan tersebut termasuk bagian proposal, yaitu jadwal kegiatan.