fbpx
Breaking News

Cermatilah bagian karya tulis berikut! Dalam KBBI (2001:740) metode, yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.metode juga didefinisikan sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.dalam pembelajaran bahasa Indonesia, metode diartikan sebagai sistem perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia secara teratur.jadi, metode pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang bersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri atas pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan.dengan demikian, proses belajar berjalan dengan baik,dalam arti tujuan pengajaran tercapai.

Cermatilah bagian karya tulis berikut!
Dalam KBBI (2001:740) metode, yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.metode juga didefinisikan sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.dalam pembelajaran bahasa Indonesia, metode diartikan sebagai sistem perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia secara teratur.jadi, metode pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang bersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri atas pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan.dengan demikian, proses belajar berjalan dengan baik,dalam arti tujuan pengajaran tercapai.

Tentukan bagian dari penggalan karya tulis tersebut!

Tentukan bagian dari penggalan karya tulis tersebut!

Jawaban untuk soal ini adalah kerangka teoritis.

Mari cermati pembahasan berikut.

Karya tulis adalah sebuah karya yang dihasilkan dari kegiatan menulis dengan menggunakan penerapan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, mengusung permasalahan yang bersifat objektif serta faktual.

Secara umum, struktur karya tulis terdiri atas:
1. Halaman judul, yaitu struktur yang berisi tentang judul karya.
2. Abstrak, yaitu struktur yang berisi tentang ringkasan dari keseluruhan isi suatu karya tulis ilmiah.
3. Pendahuluan, yaitu struktur yang menceritakan alasan penulis melakukan penelitian, apa yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan, menceritakan tujuan, serta manfaat dari karya tulis ilmiah ini dibuat.
4. Kerangka teoritis, yaitu struktur yang berisikan garis besar rancangan konsep sistematis yang menjadi panduan sebuah penelitian.
5. Metode penelitian, yaitu struktur yang berisi tentang langkah-langkah yang dilakukan seorang peneliti, untuk memperoleh hasil yang tepat dari penelitiannya tersebut.
6. Pembahasan, yaitu struktur yang berfungsi menjelaskan tujuan, manfaat, metode, kerangka teori, serta rumusan masalah yang disertai dengan data-data yang diperoleh.
7. Hasil penelitian, yaitu struktur yang berisikan tentang proses pengaturan dan pengelompokan, baik tentang informasi suatu kegiatan berdasarkan fakta melalui usaha pikiran peneliti dalam mengolah dan menganalisis objek.
8. Kesimpulan dan saran, yaitu struktur yang berisikan tentang pendapat dari penulis, atas semua yang telah dibahas.
9. Daftar pustaka, yaitu struktur yang berisikan tentang sebuah daftar mengenai sumber teori yang digunakan oleh penulis dalam penelitiannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, penggalan karya tulis tersebut merupakan bagian kerangka teoritis karena menjelaskan tentang teori pengertian metode dan metode pembelajaran menurut KBBI. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kutipan yang berbunyi:
– Dalam KBBI (2001:740) metode, yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.
– Metode juga didefinisikan sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
– Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, metode diartikan sebagai sistem perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia secara teratur.
– Jadi, metode pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang bersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri atas pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan.

Jadi, penggalan karya tulis tersebut merupakan bagian kerangka teoritis.

Semoga bermanfaat ya🙂