Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan. Kutipan tersebut bempa bagian. karya tulis yang terdapat pada ….

Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan.

Kutipan tersebut bempa bagian. karya tulis yang terdapat pada ….
A. pendahuluan
B. kata pengantar
C. kesimpulan
D. isi karya tulis
E. latar belakang

Jawaban yang tepat adalah B.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Karya ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah yang disusun seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Bagian-bagian dalam karya ilmiah terdiri atas:
1. Judul, yaitu bagian yang berisi inti yang menggambarkan keseluruhan isi karya ilmiah.
2. Kata pengantar, yaitu bagian yang berisi sepatah kalimat dari penulis yang dapat berisikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf atas kekurangan penulisan karya ilmiah kepada pihak-pihak yang terlibat dalam karya ilmiah.
3. Abstrak, yaitu bagian yang berisi ringkasan isi karya ilmiah.
4. Daftar isi, yaitu bagian yang berisikan bagian-bagian isi karya ilmiah disertai nomor halaman.
5. Bab pendahuluan, yaitu bagian yang berisi latar belakang, rumusan masalah, manfaat, dan tujuan karya ilmiah.
6. Bab kajian teori, yaitu bagian yang berisi kumpulan teori yang disusun berdasarkan variabel judul.
7. Bab metode penelitian, yaitu bagian yang berisi prosedur kerja yang meliputi sampel dan populasi, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data.
8. Bab hasil penelitian, yaitu bagian yang berisi pemaparan hasil dari penelitian yang telah ditemukan untuk menjawab rumusan masalah.
9. Bab penutup berisi simpulan dan rekomendasi, yaitu bagian yang memaparkan simpulan penelitian dan beberapa saran bagi pihak-pihak sasaran.
10. Daftar pustaka, yaitu bagian yang memuat semua buku yang digunakan sebagai landasan dalam karya ilmiah.
11. Lampiran, yaitu bagian yang memuat hal-hal penting dan bersifat tambahan.
12. Riwayat hidup, yaitu bagian yang berisikan penjelasan singkat profil penulis.

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan tersebut berupa bagian karya tulis yang terdapat pada kata pengantar. Hal ini karena dalam kutipan tersebut terdapat ucapan terima kasih beserta permohonan maaf atas kekurangan penulisan karya ilmiah kepada pihak-pihak yang terlibat, yakni “Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.