fbpx

Selain dikenal sebagai penulis yang sangat produktif, Korrie Layun Rampan juga diakui sebagai dokumenter kesusastraan yang ketulusan dan ketelatenannya dapat disejajarkan dengan H.B. Yassin, Paus Sastra Indonesia modern. Korrie memang bukan kritikus yang kritikan-kritikannya memiliki tendens membaptis seseorang pengarang seperti yang dilakukan H.B. Yassin kepada Chairil Anwar, misalnya. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa kekayaan dokumenternya merupakan kekayaan kesusastraan Indonesia itu sendiri. Selama puluhan tahun ini telah mengumpulkan lebih dari 25.000 judul buku yang nasibnya mencemasnya karena tidak terawat dengan baik. Sampai saat ini belum ada lembaga pemerintah yang tertarik untuk mengambil alih pengurusan buku-buku tersebut. Hal yang diungkapkan dalam penggalan esai tersebut adalah ….

Selain dikenal sebagai penulis yang sangat produktif, Korrie Layun Rampan juga diakui sebagai dokumenter kesusastraan yang ketulusan dan ketelatenannya dapat disejajarkan dengan H.B. Yassin, Paus Sastra Indonesia modern. Korrie memang bukan kritikus yang kritikan-kritikannya memiliki tendens membaptis seseorang pengarang seperti yang dilakukan H.B. Yassin kepada Chairil Anwar, misalnya. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa kekayaan dokumenternya merupakan kekayaan kesusastraan Indonesia itu sendiri. Selama puluhan tahun ini telah mengumpulkan lebih dari 25.000 judul buku yang nasibnya mencemasnya karena tidak terawat dengan baik. Sampai saat ini belum ada lembaga pemerintah yang tertarik untuk mengambil alih pengurusan buku-buku tersebut.

Hal yang diungkapkan dalam penggalan esai tersebut adalah ….

Informasi yang terkandung dalam esai di atas adalah tentang Korrie Layun Rampan dan keadaan koleksi buku-bukunya.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Esai merupakan karangan nonfiksi yang berisi pandangan atau pendapat penulis tentang suatu permasalah secara singkat.

Informasi adalah kumpulan penjelasan yang disampaikan pada khalayak. Informasi bersifat penting sehingga dalam bentuk teks menjadi inti suatu pembahasan.

Cara menemukan informasi dalam sebuah esai adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks secara keseluruhan dengan saksama.
2. Temukan gagasan utama di setiap paragraf.
3. Catat gagasan utama tersebut.
4. Susunlah informasi sesuai dengan gagasan utama tersebut.
5. Cocokan informasi yang didapatkan dengan teksnya.

Berdasarkan penjelasan, berikut adalah informasi yang terkandung dalam esai di atas.
1. Korrie Layun Rampan dan keadaan koleksi buku-bukunya. Informasi tersebut sesuai dengan kalimat (1) dan (5), yaitu “Selain dikenal sebagai penulis yang sangat produktif, Korrie Layun Rampan juga diakui sebagai dokumenter kesusastraan yang ketulusan dan ketelatenannya dapat disejajarkan dengan H.B. Yassin, Paus Sastra Indonesia modern.” dan “Sampai saat ini belum ada lembaga pemerintah yang tertarik untuk mengambil alih pengurusan buku-buku tersebut.”

Dengan demikian, informasi yang terkandung dalam esai di atas adalah tentang Korrie Layun Rampan dan keadaan koleksi buku-bukunya.

Semoga membantu, ya. 🙂