fbpx

Topik : Peserta didik SMA Kusuma Bangsa kurang menggemari membaca buku sastra. Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah….

Topik : Peserta didik SMA Kusuma Bangsa kurang menggemari membaca buku sastra.

Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah….
a. Berapa lama waktu yang dibutuhkan peserta didik SMA Kusuma Bangsa untuk membaca sebuah buku sastra ?
b. Bagaimana pengaruh kegemaran membaca buku sastra terhadap perolehan nilai pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik SMA Kusuma Bangsa ?
c. Faktor- faktor apa sajakah yang menyebabkan peserta didik di SMA Kusuma Bangsa kurang menggemari membaca buku sastra ?
d. Apa hubungan kegemaran membaca buku sastra peserta didik SMA Kusuma Bangsa dengan kemampuan menulis cerita fiksi ?
e. Apa sajakah langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kegemaran membaca buku sastra peserta didik SMA Kusuma Bangsa ?

Jawabannya adalah E.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Karya ilmiah merupakan tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah yang disusun seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Sebuah karya ilmiah selalu diawali dengan bagian pendahuluan. Salah satu unsur dalam bagian pendahuluan karya ilmiah adalah rumusan masalah.

Rumusan masalah, yaitu pertanyaan kritis atau argumentasi yang fleksibel yang diambil intinya dari pernyataan umum dari masalah penelitian, sebagaimana tercantum dalam latar belakang masalah. Rumusan masalah selalu dibuat dalam bentuk pertanyaan yang dapat dioperasikan dalam suatu penelitian.

Rumusan masalah setidaknya perlu memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
1. Spesifik, langsung pada intinya serta jelas fokus permasalahan yang akan dikaji.
2. Adanya unsur kebaruan dan keaslian (novelty), hal ini untuk mencegah terjadinya plagiarisme.
3. Memiliki relevansi dengan referensi penelitian sebelumnya.
4. Menarik perhatian dan adanya urgensi penelitian, rumusan masalah yang disusun berkontribusi pada pengembangan pengetahuan khususnya di area studi yang berkaitan.
5. Disusun dalam bentuk kalimat tanya.

Berdasarkan penjelasan di atas, rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah “Apa sajakah langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kegemaran membaca buku sastra peserta didik SMA Kusuma Bangsa?” Rumusan masalah tersebut memenuhi karakteristik rumusan masalah, yaitu memiliki urgensi atas permasalahan kurangnya kegemaran peserta didik membaca buku sastra. Urgensi tersebut ditunjukkan oleh pertanyaan yang hendak menemukan langkah untuk meningkatkan kegemaran membaca peserta didik. Selain itu, rumusan masalah tersebut disusun dalam bentuk kalimat tanya yang relevan dengan topik karya ilmiah yang disajikan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu 🙂