Sebutkan 3 cara menyimpulkan isi teks penjelasan

Sebutkan 3 cara menyimpulkan isi teks penjelasan

Cara menyimpulkan isi teks adalah membaca dan memahami sumber bacaan, mencatat gagasan utama dan informasi penting, serta menulis kesimpulan.

Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut.

Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut.

Kesimpulan merupakan hasil akhir dari sebuah pembahasan. Kesimpulan dapat diketahui melalui informasi penting yang terkandung dalam sebuah pembahasan.

Hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan kesimpulan adalah penggunaan bahasa dan pilihan kata. Penggunaan kata dan bahasa yang digunakan dalam kesimpulan haruslah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia (PUEBI).

Langkah-langkah membuat kesimpulan, yaitu:
1. Membaca dan memahami sumber bacaan: pahami isi bacaan dan beri tanda penting setiap pembahasan yang penting serta keterkaitan antara judul bab dan sub judul.
2. Mencatat gagasan utama: setelah membaca, tulislah bagian bacaan penting yang sudah dipahami dan berpedoman pada judul serta daftar isi pada buku.
3. Mencatat informasi penting yang terdapat dalam gagasan penjelas.
4. Menulis/menyusun kesimpulan: penulisan kesimpulan harus dapat memuat isi bacaan secara singkat, padat, dan jelas.

Dengan demikian, cara menyimpulkan isi teks adalah membaca dan memahami sumber bacaan, mencatat gagasan utama dan informasi penting, serta menulis kesimpulan.

Semoga dapat membantu, ya.