fbpx
Breaking News

Pada catatan akhir tahun 2004 lembaga penegak hokum dalam berfungsi maksimal. Hal itu terlihat semakin banyaknya putusan-putusan yang sama sekali tidak berdasarkan hukum dan tidak layak disebut sebagai keputusan yang keluar dari suatu lembaga peradilan yang seharusnya berwibawa. Di samping itu, pemerintah belum sungguh-sungguh dan tidak serius menangani dalam penegakan hukum. Kejaksaan Agung sebagai ujung tombak pemerintahan tampak belum serius menangani para tersangka dalam kasus BLBI. Fakta umum dalam paragraf tersebut adalah ….

Pada catatan akhir tahun 2004 lembaga penegak hokum dalam berfungsi maksimal. Hal itu terlihat semakin banyaknya putusan-putusan yang sama sekali tidak berdasarkan hukum dan tidak layak disebut sebagai keputusan yang keluar dari suatu lembaga peradilan yang seharusnya berwibawa. Di samping itu, pemerintah belum sungguh-sungguh dan tidak serius menangani dalam penegakan hukum. Kejaksaan Agung sebagai ujung tombak pemerintahan tampak belum serius menangani para tersangka dalam kasus BLBI.

Fakta umum dalam paragraf tersebut adalah ….

Fakta umum dalam paragraf tersebut adalah “Pada catatan akhir tahun 2004 lembaga penegak hukum dalam berfungsi maksimal.”

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Fakta adalah pernyataan yang berupa situasi riil dari sebuah kejadian yang terjadi.

Ciri-ciri fakta, yaitu:
1. Dapat dibuktikan kebenarannya.
2. Berisi data-data yang sifatnya kuantitatif (berupa angka) dan kualitatif (berupa pernyataan).
3. Mempunyai data yang akurat baik waktu, tanggal, tempat dan peristiwanya.
4. Dikumpulkan dari nara sumber yang terpercaya.
5. Bersifat objektif, yakni data yang sebenarnya, bukan dibuat-buat dan dilengkapi dengan gambar objek.
6. Biasanya dapat menjawab rumus pertanyaan 5W + 1H.
7. Menyatakan kejadian yang sedang atau telah dan pernah terjadi.
8. Informasi berasal dari kejadian yang sebenarnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, fakta umum dalam paragraf tersebut adalah “Pada catatan akhir tahun 2004 lembaga penegak hukum dalam berfungsi maksimal.” Kalimat pada catatan akhir tahun 2004 menunjukkan bahwa kalimat tersebut didasarkan pada data tahun terjadinya peristiwa.

Dengan demikian, fakta umum dalam paragraf tersebut adalah “Pada catatan akhir tahun 2004 lembaga penegak hukum dalam berfungsi maksimal.”

Semoga membantu 🙂