fbpx

Pada semester 1 tahun 2020, banyak sektor industri yang kinerjanya berjatuhan. Hal ini akibat lesunya aktivitas bisnis dan industri sejak awal tahun, baik di dalam negeri maupun di berbagai negara di dunia. Salah satu sektor industri yang kinerjanya menurun adalah sektor industri pertambangan batubara dan lignit. Berdasarkan laporan Statistik Kinerja Industri Indonesia 2020, jumlah produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan untuk pertambangan batubara dan lignit pada semester 1 2020 sebesar 123.879 miliar rupiah, sementara PDB atas dasar harga konstan semester 1 2019 sebesar 129.092 miliar rupiah. Penurunan tersebut terlihat dari jumlah volume ekspor sepanjang semester 1 2020, yaitu sebesar 9,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 208,3 juta ton. Pernyataan berikut yang pasti benar adalah

Pada semester 1 tahun 2020, banyak sektor industri yang kinerjanya berjatuhan. Hal ini akibat lesunya aktivitas bisnis dan industri sejak awal tahun, baik di dalam negeri maupun di berbagai negara di dunia. Salah satu sektor industri yang kinerjanya menurun adalah sektor industri pertambangan batubara dan lignit. Berdasarkan laporan Statistik Kinerja Industri Indonesia 2020, jumlah produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan untuk pertambangan batubara dan lignit pada semester 1 2020 sebesar 123.879 miliar rupiah, sementara PDB atas dasar harga konstan semester 1 2019 sebesar 129.092 miliar rupiah. Penurunan tersebut terlihat dari jumlah volume ekspor sepanjang semester 1 2020, yaitu sebesar 9,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 208,3 juta ton.

Pernyataan berikut yang pasti benar adalah
A. Terjadinya penurunan kinerja pada sektor industri meskipun tingkat ekspor terhadap batubara cukup besar.
B. Besar penurunan jumlah produk domestik bruto (PDB) pada semester 1 tahun 2020 kurang dari 4%.
C. Besar penurunan volume ekspor batubara dan lignit melebihi 2,2 juta ton pada tahun 2020.
D. Aktivitas bisnis dan industri lesu di akhir tahun 2020.
E. Penurunan harga konstan berpengaruh dengan jumlah volume ekspor.

Jawaban soal di atas adalah E. Penurunan harga konstan berpengaruh dengan jumlah volume ekspor.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah bagian suatu karangan yang di dalamnya terdapat lebih dari satu kalimat yang berisi satu gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung. Di dalam paragraf terdapat informasi.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Pernyataan yang benar sesuai teks di atas adalah “Penurunan harga konstan berpengaruh dengan jumlah volume ekspor.” Hal ini dibuktikan dari informasi secara tersurat yang ada pada kalimat lima “Penurunan tersebut terlihat dari jumlah volume ekspor sepanjang semester 1 2020, yaitu sebesar 9,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 208,3 juta ton.” Kalimat ini merupakan penjelasan dari kalimat yang membahas tentang penurunan harga konstan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu.😊