Bacalah teks berikut. Predikat Kota Yogyakarta bukan sekadar(1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia. Kata tidak baku yang terdapat pada paragraf tersebut ditunjukkan nomor…

Bacalah teks berikut.
Predikat Kota Yogyakarta bukan sekadar(1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.

Kata tidak baku yang terdapat pada paragraf tersebut ditunjukkan nomor…
a (1)
B. (2)
c. (3)
d. (4)

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.

Yuk, simak penjelasan berikut.

Kata baku merupakan kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, baik dari segi penulisan, pembentukan istilah, maupaun ejaannya. Untuk mengetahui sebuah kata baku atau tidak, kita bisa melihatnya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), atau Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBI).

Kata tidak baku teks di atas ditunjukkan nomor (2), yaitu kata ‘souvenir’. Di dalam KBBI, kata ‘souvenir’ harusnya ditulis ‘suvenir’ yang bermakna tanda mata; kenang-kenangan; cendera mata.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.