fbpx

Berdasarkan data tersebut, maka kondisi kependudukan di Kabupaten Klaten adalah…

Data kependudukan Kabupaten Klaten tahun 2020 adalah sebagai berikut :
a. penduduk laki-laki 468.090 jiwa.
b. perempuan 484.278 jiwa.
c. 40% penduduk usia di bawah 15 tahun.
d. 40% penduduk usia 15-65 tahun.
e. 20% penduduk usia lebih dari 65 tahun.
Berdasarkan data tersebut, maka kondisi kependudukan di Kabupaten Klaten adalah…

Kondisi kependudukan di Kabupaten Klaten berdasarkan pernyataan di atas adalah Kabupaten Klaten memiliki jumlah beban tanggungan penduduk yang besar.

Berikut adalah penjelasannya.

Rasio ketergantungan merupakan perbandingan antara jumlah penduduk usia 0-14 tahun dan 65 tahun ke atas dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun. Rasio ketergantungan juga dapat diartikan sebagai perbandingan jumlah tanggungan terhadap total penduduk angkatan kerja dengan usia produktif (15-64 tahun) di suatu wilayah atau negara. Rasio ketergantungan dapat dijadikan sebagai indikator kondisi perekonomian dan kemajuan suatu negara. Berdasarkan pernyataan pada soal di atas, maka dapat diketahui bahwa jumlah beban tanggungan penduduk usia non produktif yang tinggi terhadap penduduk usia produktif. Hal ini dapat mempengaruhi laju perekonomian dan kesejahteraan masyarakat menjadi lambat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kondisi kependudukan di Kabupaten Klaten berdasarkan pernyataan di atas adalah Kabupaten Klaten memiliki jumlah beban tanggungan penduduk yang besar.

Semoga membantu ya!