Sebutkan Perbedaan Sensus, Survei dan Registrasi ?

Sebutkan Perbedaan Sensus, Survei dan Registrasi ?

Sensus adalah kegiatan mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data kependudukan secara menyeluruh. Survei metode pengumpulan data informasi kepadatan sekelompok penduduk yang mewakili suatu populasi. Registrasi adalah pencacatan penduduk di suatu wilayah untuk kepentingan administrasi.

Berikut pembahasannya, kependudukan atau demografi adalah salah satu kajian geosfer yang terjadi di permukaan bumi. Untuk mengetahui informasi kependudukan di suatu wilayah maka diperlukan data kependudukan yang diperoleh melalui tiga cara yaitu sensus, survei, dan registrasi. Informasi dan data kependudukan dari suatu wilayah sangat penting untuk melihat dan memantau perkembangan dan pertumbuhan suatu wilayah bahkan suatu negara.

Ketiga cara pengambilan informasi kependudukan tersebut memiliki perbedaan masing-masing, yaitu:
1. Sensus penduduk: kegiatan pencacahan penduduk yang dilakukan oleh pemerintah dalam kurun waktu tertentu yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah negara. Kegiatan sensus meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data kependudukan secara menyeluruh.
2. Survei penduduk: kegiatan pengambilan informasi atau data primer melalui responden individu yang mewakili sejumlah besar responden, sehingga survei penduduk adalah kegiatan pengumpulan informasi dari kelompok orang yang mewakili sejumlah populasi.
3. Registrasi penduduk: pencatatan kependudukan yang dilakukan secara terus menerus mengenai peristiwa penting yang dialami dalam kehidupan seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, imigrasi, emigrasi, dan adopsi anak.

Jadi, sensus adalah kegiatan mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data kependudukan secara menyeluruh. Survei metode pengumpulan data informasi kepadatan sekelompok penduduk yang mewakili suatu populasi. Registrasi adalah pencacatan penduduk di suatu wilayah untuk kepentingan administrasi.