fbpx

(1) Bagi beberapa daerah-daerah baru sektor pertambangan membawa angin segar, (2) Di tengah sulitnya membuka lapangan pekerjaan, sektor ini bisa menjadi jawabannya. (3) Jika muncul kesan bahwa kegiatan tambang lebih sering merusak lingkungan pandangan ini tidak seluruhnya benar. (4) Karena secara teknis dampak daripada kerusakan bisa diminimalkan. (5) Apalagi selama ini sektor pertambangan terbukti memberikan sumbangan cukup signifikan terhadap perekonomian. Kalimat tidak efektif dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor…

22.(1) Bagi beberapa daerah-daerah baru sektor pertambangan membawa angin segar, (2) Di tengah sulitnya membuka lapangan pekerjaan, sektor ini bisa menjadi jawabannya. (3) Jika muncul kesan bahwa kegiatan tambang lebih sering merusak lingkungan pandangan ini tidak seluruhnya benar. (4) Karena secara teknis dampak daripada kerusakan bisa diminimalkan. (5) Apalagi selama ini sektor pertambangan terbukti memberikan sumbangan cukup signifikan terhadap perekonomian.
Kalimat tidak efektif dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor…
a. (1), (2)
b. (2), (4)
c. (1), (3)
d. (2), (5)
e. (1), (4)

Jawaban untuk soal ini adalah E.

Mari cermati pembahasan berikut.

Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang kurang mampu menyampaikan pesan dengan baik akibat terlalu bertele-tele dan kesalahan ejaan.

Kalimat tidak efektif bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:
– Tidak memiliki subjek atau predikat.
– Terlalu panjang, cenderung bertele-tele.
– Kurang jelas dalam menyampaikan pesan.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat tidak efektif dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor (1) dan (4). Berikut analisisnya.
– Kalimat (1) yang berbunyi “Bagi beberapa daerah-daerah baru sektor pertambangan membawa angin segar.” merupakan kalimat tidak efektif karena terdapat ketidakjelasan kata, yakni pada kata “beberapa” dan “daerah-daerah”seharusnya dihilangkan salah satu saja, serta adanya penempatan tanda koma yang salah sehingga perbaikannya menjadi “Bagi beberapa daerah baru, sektor pertambangan membawa angin segar.”

– Kalimat (4) yang berbunyi “Karena secara teknis dampak daripada kerusakan bisa diminimalkan.” merupakan kalimat tidak efektif karena tidak memiliki subjek dan penggunaan kata hubung ‘karena’ tidak boleh digunakan di awal kalimat apabila menunjukkan hubungan penyebab dengan kalimat sebelumnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga bermanfaat ya🙂