(1) Perusahaan tersebut ???????????????????????????????????????????????????????? beberapa manajer yang terlibat manipulasi laporan keuangan. (2) Program kampus bina desa difokuskan di ????????????????????????????????????. (3) Karena hujan lebat, anggota Mapala UI ???????????????????????????????????????????????? pemasangan tenda itu. (4) Pendapat calon ketua angkatan tersebut tidak ???????????????????????????????????? di hadapan panelis. Pemakaian bentukan kata dalam kalimat yang tepat ditunjukkan oleh nomor….

(1) Perusahaan tersebut ???????????????????????????????????????????????????????? beberapa manajer yang terlibat manipulasi laporan
keuangan.
(2) Program kampus bina desa difokuskan di ????????????????????????????????????.
(3) Karena hujan lebat, anggota Mapala UI ???????????????????????????????????????????????? pemasangan tenda itu.
(4) Pendapat calon ketua angkatan tersebut tidak ???????????????????????????????????? di hadapan panelis.

Pemakaian bentukan kata dalam kalimat yang tepat ditunjukkan oleh nomor….
( A ) Jika pernyataan 1,2, dan 3 benar.
( B ) Jika pernyataan 1 dan 3 benar.
( C ) Jika pernyataan 2 dan 4 benar.
( D ) Jika pernyataan 4 saja yang benar.
( E ) Jika semua pernyataan benar.

Jawaban untuk soal ini adalah B.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Afiksasi merupakan proses imbuhan atau pembentukan pada kata dasar sehingga membentuk makna baru. Bentuk afiksasi dibedakan menjadi tiga, yaitu prefiks (awal), infiks (tengah), sufiks (akhir), dan konfiks (awal dan akhir).

Cara menentukan makna dari pembentukan kata dapat dilihat melalui mencari makna kata dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Berdasarkan penjelasan, pemakaian bentukan kata dalam kalimat yang tepat ditunjukkan oleh nomor (1) dan (3). Hal tersebut karena kalimat (2) dan (4) mengalami kesalahan pembentukan kata yang memengaruhi makna kalimat. Berikut adalah analisis kalimatnya.
1. Kalimat (2) memiliki bentukan kata yang tidak tepat. Kata “perdesaan” seharusnya diubah menjadi “pedesaan” karena bentuk kata “perdesaan” adalah bentuk kata yang salah. Perbaikan kalimat tersebut adalah “Program kampus bina desa difokuskan di pedesaan.”
2. Kalimat (4) memiliki bentukan kata yang tidak tepat. Kata “berterima” seharusnya diubah menjadi “diterima”. Subjek dalam kalimat tersebut dikenai perlakuan atau perbuata sehingga perbaikan kalimat seharusnya menjadi “Pendapat calon ketua angkatan tersebut tidak diterima di hadapan panelis.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu, ya. 🙂