fbpx
Breaking News

Bacalah teks berikut dengan saksama! Keberhasilan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, meraih medali perunggu di Olimpiade 2020 membuatnya masuk dalam lingkaran mitos Olimpiade. Ada sebuah mitos yang terjadi di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade. Utamanya di nomor tunggal putra. Peraih medali perunggu akan meraih medali emas di Olimpiade berikutnya. Mitos itu berlaku sejak Olimpiade 2012 di London, lalu terangkai ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, dan berlanjut di Olimpiade Tokyo 2020 tahun ini. Di Olimpiade 2012, pebulutangkis China, Chen Long, yang tampil pertama kalinya di Olimpiade berhasil meraih medali perunggu. Kala itu, usianya 23 tahun. Empat tahun kemudian, chen Long mampu meraih medali emas Olimpiade 2016. Di final, dia mengalahkan pebulutangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei yang mengalahkannya di semifinal Olimpiade 2012. Di Olimpiade 2016 ini pula, pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen yang berusia 22 tahun, mengawali penampilanya di Olimpiade. Dia mampu meraih medali perunggu. Di semifinal, dia dikalahkan Chen Long. Axelsen lantas memenangi perebutan medali perunggu melawan Lin Dan. (Sumber: https://www.kompasiana.com/hadi. santoso/610f82a46e7f0 1072d318202/anthony-ginting-masuk-lingkaran-mitos-medali-emas-olimpiade) Gagasan utama teks tersebut adalah

Bacalah teks berikut dengan saksama!
Keberhasilan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, meraih medali perunggu di Olimpiade 2020 membuatnya masuk dalam lingkaran mitos Olimpiade. Ada sebuah mitos yang terjadi di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade. Utamanya di nomor tunggal putra. Peraih medali perunggu akan meraih medali emas di Olimpiade berikutnya. Mitos itu berlaku sejak Olimpiade 2012 di London, lalu terangkai ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, dan berlanjut di Olimpiade Tokyo 2020 tahun ini. Di Olimpiade 2012, pebulutangkis China, Chen Long, yang tampil pertama kalinya di Olimpiade berhasil meraih medali perunggu. Kala itu, usianya 23 tahun. Empat tahun kemudian, chen Long mampu meraih medali emas Olimpiade 2016. Di final, dia mengalahkan pebulutangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei yang mengalahkannya di semifinal Olimpiade 2012. Di Olimpiade 2016 ini pula, pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen yang berusia 22 tahun, mengawali penampilanya di Olimpiade. Dia mampu meraih medali perunggu. Di semifinal, dia dikalahkan Chen Long. Axelsen lantas memenangi perebutan medali perunggu melawan Lin Dan.
(Sumber: https://www.kompasiana.com/hadi. santoso/610f82a46e7f0 1072d318202/anthony-ginting-masuk-lingkaran-mitos-medali-emas-olimpiade)

Daftar isi

Gagasan utama teks tersebut adalah
A. Anthony Sinisuka Ginting memenangkan medali perunggu di Olimpiade 2020.
B. Mitos Olimpiade yang dianggap sedang dialami oleh Anthony Sinisuka Ginting.
C. Terdapat mitos yang akan dialami oleh seluruh atlet bulutangkis Olimpiade 2020.
D. Banyak atlet bulutangkis yang termasuk lingkaran mitos dalam olimpiade 2020.
E. Setiap atlet bulutangkis yang memenangkan medali di Olimpiade 2020.

Jawaban soal di atas adalah B. Mitos Olimpiade yang dianggap sedang dialami oleh Anthony Sinisuka Ginting.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Gagasan utama adalah ide yang disampaikan oleh penulis menjadi suatu pokok pembahasan dalam sebuah paragraf. Sebagai pokok pembahasan, gagasan utama biasanya akan didukung dengan gagasan penjelas. Penting untuk diingat, jumlah gagasan pokok yang diizinkan dalam satu paragraf hanyalah satu. Gagasan pokok ini bisa berada di awal, akhir, atau bahkan awal dan akhir kalimat.

Ciri-ciri Ide pokok:
1. Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan.
2. Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama.
3. Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat utama.
4. Kalimat utama bisa diidentifikasi dengan mudah melalui jenis paragraf bacaan.

Ada 5 langkah mudah yang bisa kamu ikuti untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf. Langkah-langkah tersebut, di antaranya:
1. Baca Seluruh Paragraf dengan Cermat
2. Menentukan Jenis Paragraf dan Kalimat Utama. Jenis paragraf terdiri dari : paragraf deduktif, memiliki kalimat utama di awal kalimat. Paragraf Induktif, Jenis paragraf induktif memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Yang terakhir paragraf campuran, Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama yang berada di awal dan akhir paragraf. Bahasa yang digunakan di awal dan akhir kalimat tidak selalu sama, namun jika dicermati memiliki makna yang sama.
3. Mengubah Kalimat Utama Menjadi Kalimat Kompleks.
4. Tandai Informasi Penting pada Kalimat Utama.
5. Baca Kembali Bacaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, gagasan utama bacaan di atas adalah “Mitos Olimpiade yang dianggap sedang dialami oleh Anthony Sinisuka Ginting.” Gagasan utama ini terletak di awal paragraf. Bukti lain yang menguatkan adalah kalimat kedua menjelaskan tentang mitos, bukti kalimatnya ” Ada sebuah mitos yang terjadi di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.😊