Industri penerbangan Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Perkembangan industri penerbangan di Indonesia terjadi seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan luar yang masuk ke Indonesia yang menambah ramainya pasar penerbangan domestik dan juga pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya beli masyarakat Indonesia. Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya. Hal ini membuat semakin meningkatnya permintaan akan pasar domestik yang mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya. Perkembangan lalu lintas penerbangan domestik dapat diamati pada tabel di bawah ini, khususnya selama tahun 2008 – 2012. Berdasarkan bacaan di atas jika industri penerbangan di Indonesia tidak berkembang maka…

Industri penerbangan Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Perkembangan industri penerbangan di Indonesia terjadi seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan luar yang masuk ke Indonesia yang menambah ramainya pasar penerbangan domestik dan juga pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya beli masyarakat Indonesia. Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya. Hal ini membuat semakin meningkatnya permintaan akan pasar domestik yang mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya. Perkembangan lalu lintas penerbangan domestik dapat diamati pada tabel di bawah ini, khususnya selama tahun 2008 – 2012.

Berdasarkan bacaan di atas jika industri penerbangan di Indonesia tidak berkembang maka…
(A) Maskapai penerbangan luar tidak banyak masuk ke Indonesia.
(B) Akan ada penurunan jumlah penerbangan karena harga tiket menjadi mahal.
(C) Masyarakat akan lebih banyak melakukan penerbangan mancanegara karena yang meningkat hanya tiket domestik.
(D) Maskapai penerbangan luar negeri akan dibatasi karena minat masyarakat terhadap maskapai tersebut akan menurun.

Jawaban untuk soal ini adalah A.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Informasi adalah kumpulan penjelasan yang disampaikan pada khalayak. Informasi bersifat penting sehingga dalam bentuk teks menjadi inti suatu pembahasan.

Cara menemukan informasi dalam sebuah teks adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks secara keseluruhan dengan saksama.
2. Temukan gagasan utama di setiap paragraf.
3. Catat gagasan utama tersebut.
4. Susunlah informasi sesuai dengan gagasan utama tersebut.
5. Cocokan informasi yang didapatkan dengan teksnya.

Berdasarkan penjelasan, jika industri penerbangan di Indonesia tidak berkembang maka maskapai penerbangan luar tidak banyak masuk ke Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan informasi yang disampaikan teks di atas bahwa prediksi meningkatnya penerbangan di Indonesia seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan luar yang masuk ke Indonesia. Informasi tersebut disampaikan pada kalimat (1) dan (2), yaitu “Industri penerbangan Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Perkembangan industri penerbangan di Indonesia terjadi seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan luar yang masuk ke Indonesia yang menambah ramainya pasar penerbangan domestik dan juga pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya beli masyarakat Indonesia.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu, ya. 🙂