fbpx
Breaking News

Industri penerbangan Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Perkembangan industri penerbangan di Indonesia terjadi seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan luar yang masuk ke Indonesia yang menambah ramainya pasar penerbangan domestik dan juga pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya beli masyarakat Indonesia. Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya. Hal ini membuat semakin meningkatnya permintaan akan pasar domestik yang mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya. Perkembangan lalu lintas penerbangan domestik dapat diamati pada tabel di bawah ini, khususnya selama tahun 2008 – 2012. Pernyataan yang benar sesuai dengan bacaan di atas, adalah……………

Industri penerbangan Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Perkembangan industri penerbangan di Indonesia terjadi seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan luar yang masuk ke Indonesia yang menambah ramainya pasar penerbangan domestik dan juga pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya beli masyarakat Indonesia. Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya. Hal ini membuat semakin meningkatnya permintaan akan pasar domestik yang mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya. Perkembangan lalu lintas penerbangan domestik dapat diamati pada tabel di bawah ini, khususnya selama tahun 2008 – 2012.

Pernyataan yang benar sesuai dengan bacaan di atas, adalah……………
(A) Industri penerbangan Indonesia dipastikan akan akan terus meningkat.
(B) Ramainya pasar penerbangan domestik terjadi karena tingginya mobilisasi masyarakat.
(C) Ramainya pasar penerbangan domestik terjadi karena tingginya daya beli masyarakat.
(D) Variasi pilihan penerbangan turut memengaruhi peningkatan penggunaan transportasi udara.

Jawaban soal di atas adalah (D) Variasi pilihan penerbangan turut memengaruhi peningkatan penggunaan transportasi udara.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Setelah membaca sekilas, cermat, dan menyesuaikan dengan pilihan jawaban, pernyataan yang benar sesuai dengan bacaan di atas adalah “Variasi pilihan penerbangan turut memengaruhi peningkatan penggunaan transportasi udara.” Hal ini disampaikan secara tersurat pada teks di kalimat tiga ” Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya.” Pada kalimat ini dijelaskan bahwa terjangkaunya harga tiket dan bervariasinya pilihan penerbangan membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Semoga membantu.😊