Tahun lalu di desa X terjadi bencana longsor dan mengakibatkan rumah di kota tersebut rusak. Tahun ini di desa X terjadi bencana longsor, tetapi tidak ada rumah yang rusak. Kesimpulan yang mungkin benar adalah …

Tahun lalu di desa X terjadi bencana longsor dan mengakibatkan rumah di kota tersebut rusak. Tahun ini di desa X terjadi bencana longsor, tetapi tidak ada rumah yang rusak.

Kesimpulan yang mungkin benar adalah …

A. Longsor tidak terjadi di Desa X
B. Pemerintah mengedukasi warga tentang penanggulangan longsor
C. Longsor tidak terjadi di pemukiman
D. Longsor mengakibatkan kerugian yang sangat besar.
E. Longsor merusak lahan pertanian warga

Jawaban soal di atas adalah C. Longsor tidak terjadi di pemukiman.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Dalam bahasa Indonesia ada beberapa cara penarikan kesimpulan, di antaranya:
1. Metode deduksi. Cara penarikan kesimpulan dengan metode adalah membuat kesimpulan dengan memaparkan masalah dari hal yang umum ke khusus dan menghubungkan data atau fakta dengan dengan inti permasalahan yang akan dicari untuk memperoleh sebuah gambaran.
2. Metode analogi. Cara penarikan kesimpulan ini dengan metode membandingkan dua hal yang berbeda namun memiliki kesamaan segi, fungsi , maupun ciri. Metode ini banyak dipakai dalam pengambilan kesimpulan yang bersifat ilmiah seperti dalam penulisan sebuah skripsi atau pada penelitian tertentu agar lebih sederhana dan mudah dipahami.
3. Metode korelasi. Cara penarikan kesimpulan dengan metode ini menghubungkan suatu konsep dengan konsep lainnya agar menjadi lebih padu. Metode ini digunakan dengan maksud untuk menegaskan kembali gagasan di bagian awal yang telah dipaparkan sebelumnya.

Salah satu penarikan kesimpulan dengan metode deduksi adalah metode silogisme. Silogisme ditandai dengan adanya dua pernyataan majemuk implikasi. Perhatikan analisis di bawah ini:
Premis 1 : Tahun lalu di desa X terjadi bencana longsor dan mengakibatkan rumah di kota tersebut rusak.
Premis 2: Tahun ini di desa X terjadi bencana longsor, tetapi tidak ada rumah yang rusak.
Dari dua premis ini terdapat kata kunci:
1: Tahun lalu longsor di desa X, akibatnya rumah rusak.
2: Tahun ini kembali longsor, tetapi tidak ada rumah yang rusak
Dari dua pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa longsor tidak terjadi di pemukiman sehingga tidak ada rumah yang rusak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu.????