fbpx

Diketahui dua buah argumen sebagai berikut: Argumen 1 : Globalisasi mengakibatkan Kurangnya perlindungan anak-anak dari perusahaan yang terselubung. Argumen 2 : Di era globalisasi, banyak keluarga memiliki banyak anak. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat anak-anak yang menjadi korban perdagangan manusia. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tersebut adalah

Diketahui dua buah argumen sebagai berikut:

Argumen 1 : Globalisasi mengakibatkan Kurangnya perlindungan anak-anak dari perusahaan yang terselubung.
Argumen 2 : Di era globalisasi, banyak keluarga memiliki banyak anak.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat anak-anak yang menjadi korban perdagangan manusia.

Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tersebut adalah
A. menguatkan argumen 1.
B. menguatkan argumen 2.
C. melemahkan argumen 1.
D. melemahkan argumen 2.
E. tidak dapat disimpulkan.

Jawaban soal di atas adalah E. tidak dapat disimpulkan.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Simpulan memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari ringkasan atau rangkuman. Ciri-ciri tersebut sebagai berikut:
1. Simpulan harus sederhana, singkat, dan jelas. Kesimpulan secara keseluruhan merangkum gagasan-gagasan yang dipaparkan di bagian isi.
2. Pesan di dalam teks semua tersampai walau dengan cara yang lebih singkat.
3. Berisi intisari teks yang mencakup keseluruhan isi.
4. Dibuat berdasarkan kata kunci yang terdapat pada ide pokok dan penjelas
5. Simpulan dapat ditemukan di akhir kalimat, namun bisa juga bergabung dengan kalimat utama. Untuk itu, gabungkan kalimat utama dengan kalimat akhir pada teks untuk membuat sebuah kesimpulan.

Dalam bahasa Indonesia ada beberapa cara penarikan kesimpulan, di antaranya:
1. Metode deduksi. Cara penarikan kesimpulan dengan metode adalah membuat kesimpulan dengan memaparkan masalah dari hal yang umum ke khusus dan menghubungkan data atau fakta dengan dengan inti permasalahan yang akan dicari untuk memperoleh sebuah gambaran.
2. Metode analogi. Cara penarikan kesimpulan ini dengan metode membandingkan dua hal yang berbeda namun memiliki kesamaan segi, fungsi , maupun ciri. Metode ini banyak dipakai dalam pengambilan kesimpulan yang bersifat ilmiah seperti dalam penulisan sebuah skripsi atau pada penelitian tertentu agar lebih sederhana dan mudah dipahami.
3. Metode korelasi. Cara penarikan kesimpulan dengan metode ini menghubungkan suatu konsep dengan konsep lainnya agar menjadi lebih padu. Metode ini digunakan dengan maksud untuk menegaskan kembali gagasan di bagian awal yang telah dipaparkan sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, penarikan kesimpulan dapat dilakukan dengan memaparkan masalah dari umum ke khusus. Hal umum dalam paragraf adalah ide pokok. Hasil penelitian di atas “tidak dapat disimpulkan.” Hal ini dikarenakan argumen 1, argumen 2, dan hasil penelitian tidak memiliki hubungan sehingga tidak dapat disimpulkan. Ide pokok pada tiap argumen tidak memiliki keterkaitan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu.😊