Dunia bisnis di Indonesia diramaikan oleh para pengusaha muda yang menjalankan startup. Startup adalah perusahaan baru yang dicirikan oleh lamanya operasi kurang dari tiga tahun, jumlah karyawan yang sedikit dan model bisnis yang belum menetap. Kemunculan startup yang terjadi seiring dengan kemajuan internet yang semakin pesat. Meskipun banyak bermunculan, tidak banyak startup yang mencapai kesuksesan. Kegagalan startup terjadi jika respon pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan rendah. Respon pasar yang rendah ini terjadi apabila pengusaha memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat. Pada akhirnya, hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakatlah yang akan sukses menjalankan startup. Berdasarkan bacaan tersebut, apabila sebuah perusahaan memiliki lama operasi kurang dari tiga tahun dan karyawannya sedikit, manakah simpulan berikut yang paling mungkin benar?

Dunia bisnis di Indonesia diramaikan oleh para pengusaha muda yang menjalankan startup. Startup adalah perusahaan baru yang dicirikan oleh lamanya operasi kurang dari tiga tahun, jumlah karyawan yang sedikit dan model bisnis yang belum menetap. Kemunculan startup yang terjadi seiring dengan kemajuan internet yang semakin pesat. Meskipun banyak bermunculan, tidak banyak startup yang mencapai kesuksesan. Kegagalan startup terjadi jika respon pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan rendah. Respon pasar yang rendah ini terjadi apabila pengusaha memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat. Pada akhirnya, hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakatlah yang akan sukses menjalankan startup.

Berdasarkan bacaan tersebut, apabila sebuah perusahaan memiliki lama operasi kurang dari tiga tahun dan karyawannya sedikit, manakah simpulan berikut yang paling mungkin benar?
(A) Perusahaan tersebut didirikan oleh pengusaha yang pengetahuannya kurang
(B) Perusahaan tersebut didirikan oleh pengusaha muda
(C) Perusahaan tersebut akan berhasil mencapai kesuksesan
(D) Perusahaan tersebut memiliki produk yang kurang direspons pasar
(E) Perusahaan tersebut didirikan di Indonesia

Jawaban soal di atas adalah (B) Perusahaan tersebut didirikan oleh pengusaha muda.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Simpulan memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari ringkasan atau rangkuman. Ciri-ciri tersebut sebagai berikut:
1. Simpulan harus sederhana, singkat, dan jelas. Kesimpulan secara keseluruhan merangkum gagasan-gagasan yang dipaparkan di bagian isi.
2. Pesan di dalam teks semua tersampai walau dengan cara yang lebih singkat.
3. Berisi intisari teks yang mencakup keseluruhan isi.
4. Dibuat berdasarkan kata kunci yang terdapat pada ide pokok dan penjelas
5. Simpulan dapat ditemukan di akhir kalimat, namun bisa juga bergabung dengan kalimat utama. Untuk itu, gabungkan kalimat utama dengan kalimat akhir pada teks untuk membuat sebuah kesimpulan.

Berikut langkah-langkah membuat kesimpulan:
1. Baca teks dengan saksama untuk memahami isinya.
2. Catat ide pokok dalam teks.
3. Tulis kembali berbagai pokok pikiran dengan susunan kalimat sendiri dengan ringkas berisi informasi yang ditulissecara jelas serta runtut.

Informasi penting dari teks di atas adalah:
1. Dunia bisnis Indonesia diramaikan pengusaha muda yang menjalan startup.
2. Startup adalah perusahaan baru yang dicirikan oleh lamanya operasi kurang dari tiga tahun, jumlah karyawan yang sedikit dan model bisnis yang belum menetap.
Dari dua informasi penting tersebut, dapat disimpulkan apabila sebuah perusahaan memiliki lama operasi kurang dari tiga tahun dan karyawannya sedikit, Perusahaan tersebut didirikan oleh pengusaha muda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu. ????