fbpx
Breaking News

Selama beberapa hari pak Danu mengeluarkan urine dengan volume banyak dalam sekali buang air kecil. setelah melakukan pemeriksaan ke dokter diketahui pak Danu kekurangan hormon antidiuretik. berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut pak Danu di diagnosa menderita penyakit…..

selama beberapa hari pak Danu mengeluarkan urine dengan volume banyak dalam sekali buang air kecil. setelah melakukan pemeriksaan ke dokter diketahui pak Danu kekurangan hormon antidiuretik. berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut pak Danu di diagnosa menderita penyakit…..
a. diabetes insipidus
b. albuminuria
c. gagal ginjal
d. nefritis

Jawaban yang benar adalah A.

Hormon antidiuretik (ADH) adalah hormon yang berfungsi membatasi pembuangan cairan tubuh dalam bentuk urine berdasarkan tingkat kebutuhan cairan tubuh saat itu. Jika tubuh sedang membutuhkan lebih banyak cairan, ADH akan bekerja dan tubuh akan memproduksi lebih sedikit urine. Diabetes insipidus bisa terjadi bila tubuh kekurangan ADH atau bila kerja ADH terganggu. Dengan kata lain, semua kondisi yang menyebabkan kekurangan atau gangguan pada hormon tersebut dapat memicu diabetes insipidus. Sebab fungsi hormon ADH untuk membatasi pembuangan urin, apabila terjadi kekurangan hormon ADH, maka penderita diabetes insipidus akan berkecenderungan mengeluarkan banyak urin.

Jadi, berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut pak Danu di diagnosa menderita penyakit diabetes insipidus.

Semoga membantu yaa…