fbpx

Orang yang menderita flu akan mengalami peningkatan suhu tubuh. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat serta batuk. Paracetamol dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh pada penderita flu. Umumnya Paracetamol dijual bebas, baik dalam bentuk tablet, sirup, atau lainnya. Tetapi sebaiknya penggunaan obat ini tidak lebih dari 3 hari tanpa konsultasi dengan dokter. Pernyataan yang salah berdasarkan teks adalah..

Orang yang menderita flu akan mengalami peningkatan suhu tubuh. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat serta batuk. Paracetamol dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh pada penderita flu. Umumnya Paracetamol dijual bebas, baik dalam bentuk tablet, sirup, atau lainnya. Tetapi sebaiknya penggunaan obat ini tidak lebih dari 3 hari tanpa konsultasi dengan dokter.

Pernyataan yang salah berdasarkan teks adalah..

A. Gejala flu dapat diobati dengan mengonsumsi Paracetamol
B. Paracetamol sebaiknya digunakan dengan resep dokter
C. Ada obat penurun demam dalam bentuk sirup
D. Penderita flu dapat memperoleh Paracetamol di apotik tanpa resep dokter
E. Orang yang mengonsumsi Paracetamol mengurangi resiko penurunan cairan tubuh

Jawaban soal di atas adalah E. Orang yang mengonsumsi Paracetamol mengurangi resiko penurunan cairan tubuh

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Pernyataan yang salah berdasarkan teks di atas adalah “Orang yang mengonsumsi Paracetamol mengurangi resiko penurunan cairan tubuh”. Pernyataan ini salah karena seharusnya paracetamol digunakan untuk menurunkan suhu tubuh. Hal ini dituliskan secara tersurat pada kalimat tiga “Paracetamol dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh pada penderita flu.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu.😊