fbpx

(1) Pemukiman para korban lumpur Lapindo memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. (2) Permukiman di kawasan itu memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan sehingga banyak peminat. (3) Perusahaan itu mulai melakukan pengubahan manajemen sumber daya manusia. (4) Pemilik perusahaan tersebut mengubah kebijakan perusahaan Pemakaian bentukan kata dalam kalimat yang tepat ditunjukkan oleh nomor….

(1) Pemukiman para korban lumpur Lapindo memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit.
(2) Permukiman di kawasan itu memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan sehingga banyak
peminat.
(3) Perusahaan itu mulai melakukan pengubahan manajemen sumber daya manusia.
(4) Pemilik perusahaan tersebut mengubah kebijakan perusahaan

Pemakaian bentukan kata dalam kalimat yang tepat ditunjukkan oleh nomor….
( A ) Jika pernyataan 1,2, dan 3 benar.
( B ) Jika pernyataan 1 dan 3 benar.
( C ) Jika pernyataan 2 dan 4 benar.
( D ) Jika pernyataan 4 saja yang benar.
( E ) Jika semua pernyataan benar.

Jawaban untuk soal ini adalah C.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Afiksasi merupakan proses imbuhan atau pembentukan pada kata dasar sehingga membentuk makna baru. Bentuk afiksasi dibedakan menjadi tiga, yaitu prefiks (awal), infiks (tengah), sufiks (akhir), dan konfiks (awal dan akhir).

Cara menentukan makna dari pembentukan kata dapat dilihat melalui mencari makna kata dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Berdasarkan penjelasan, pemakaian bentukan kata dalam kalimat yang tepat ditunjukkan oleh nomor (2) dan (4). Berikut adalah analisis kalimatnya.
1. Kalimat (1) memiliki bentukan kata yang tidak tepat. Kata “permukiman” seharusnya diubah menjadi “pemukiman” karena makna kalimat tersebut tertuju pada tempat tinggal atau tempat bermukim. Berbeda dengan makna kata “pemukiman” yang berarti proses memukimkan sehingga perbaikan kalimat tersebut adalah “Permukiman para korban lumpur Lapindo memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit.”
2. Kalimat (3) memiliki bentukan kata yang tidak tepat. Kata “pengubahan” seharusnya diubah menjadi “perubahan” karena makna kalimat tersebut tertuju pada keadaan. Berbeda dengan makna kata “pengubahan” yang berarti proses mengubah sehingga perbaikan kalimat tersebut adalah “Perusahaan itu mulai melakukan perubahan manajemen sumber daya manusia.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu, ya. 🙂

Lagi Viral :  Bilangan yang lebih besar dari 0,44 × (17/18) adalah