Pembangunan sistem drainase pertama kali dilakukan oleh masyarakat Mohenjo Daro di India. SEBAB Masyarakat Mohenjo Daro sudah memiliki saluran pembuangan air dari rumah tangga ke bak kontrol.

Pembangunan sistem drainase pertama kali dilakukan oleh masyarakat Mohenjo Daro di India.
SEBAB
Masyarakat Mohenjo Daro sudah memiliki saluran pembuangan air dari rumah tangga ke bak kontrol.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyatan salah dan alasan benar.
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah pernyataan dan sebab benar, serta berhubungan sebab-akibat ( opsi A).

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Masyarakat Mohenjodaro-Harappa telah mempunyai tata kota yang sangat baik. Masyarakat pendukung kebudayaan ini juga dikenal mempunyai sistem sanitasi yang amat baik. Mereka mempunyai tempat pemandian umum, yang dilengkapi dengan saluran air dan tangki air di atas perbentengan jalan-jalan utama. Sanitasi dan irigasi kota Mohenjodaro dan Harappa sudah diatur secara modern. Lorong-lorong dan jalan kota dilengkapi dengan saluran air yang berfungsi untuk mengalirkan air dari rumah tangga menuju sungai. Saluran pembuangan air ini didukung oleh bak kontrol. Masyarakat juga berhasil membuat sistem saluran air dari kota ke sungai dengan sangat baik, sehingga ketika musim hujan tidak pernah terjadi bencana banjir. Mengenai sanitasi, saluran pembuangan air ini ditemukan di reruntuhan peradaban Mohenjodaro-Harappa.

Jadi, jawabannya adalah A.

Semoga membantu ya.