(1) Pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. (2) Pendidikan mempunyai peranan penting dalam hal ini. (3) Maka dari itu perlu ditingkatkannya kualitas pendidikan itu sendiri yang sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan, termasuk kurikulum, materi, pendidik, metode pembelajaran, dan juga media yang digunakan dalam pembelajaran. (4) Dalam pendidikan terdapat proses belajar mengajar, pada hakikatnya adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari pendidik kepada peserta didik. (5) Pesan atau informasi akan sampai kepada peserta didik apabila peserta didik dapat menangkap dan memahami isi pesan tersebut. (6) Terkadang pesan atau informasi tersebut tidak sampai kepada peserta didik karena faktor-faktor tertentu sehingga dibutuhkan alat bantu atau media dalam penyampaian pesan tersebut. (7) Selain itu, proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik jika peserta didik diajak melibatkan semua alat inderanya karena semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah pesan semakin banyak pula pesan yang dapat dimengerti dan bertahan lama dalam ingatan peserta didik. Simpulan manakah yang paling mungkin dalam bacaan di atas?

(1) Pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. (2) Pendidikan mempunyai peranan penting dalam hal ini. (3) Maka dari itu perlu ditingkatkannya kualitas pendidikan itu sendiri yang sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan, termasuk kurikulum, materi, pendidik, metode pembelajaran, dan juga media yang digunakan dalam pembelajaran.

Daftar isi : hide

(4) Dalam pendidikan terdapat proses belajar mengajar, pada hakikatnya adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari pendidik kepada peserta didik. (5) Pesan atau informasi akan sampai kepada peserta didik apabila peserta didik dapat menangkap dan memahami isi pesan tersebut. (6) Terkadang pesan atau informasi tersebut tidak sampai kepada peserta didik karena faktor-faktor tertentu sehingga dibutuhkan alat bantu atau media dalam penyampaian pesan tersebut. (7) Selain itu, proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik jika peserta didik diajak melibatkan semua alat inderanya karena semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah pesan semakin banyak pula pesan yang dapat dimengerti dan bertahan lama dalam ingatan peserta didik.

Simpulan manakah yang paling mungkin dalam bacaan di atas?
(A) Jika peserta didik diajak melibatkan semua alat inderanya, proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik.
(B) Pendidikan mempunyai peranan penting karena pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
(C) Sebagian pesan atau informasi tidak akan sampai kepada peserta didik apabila peserta didik tidak dapat menangkap dan memahami isi pesan tersebut.
(D) Sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sangat pantaslah pendidikan mempunyai peranan penting.
(E) Jika semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah pesan, dipastikan semakin banyak pula pesan yang dapat dimengerti dan bertahan lama dalam ingatan peserta didik.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Kesimpulan adalah rumusan akhir dari sebuah teks yang disusun berdasarkan pemahaman pembaca terhadap keseluruhan isi teks.

Ciri-ciri kesimpulan adalah sebagai berikut.
1) Terdapat pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
2) Merupakan intisari dari tulisan.
3) Dimulai dari khusus ke umum.
4) Menggunakan kosakata baku.
5) Suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Langkah-langkah dalam menyusun kesimpulan sebagai berikut.
1) Membaca dengan seksama isi informasi yang disampaikan secara langsung.
2) Menafsirkan pokok pembahasan.
3) Menyeleksi dan menentukan pokok pikiran.
4) Menulis kembali pokok pokok pikiran dengan kalimat sendiri secara ringkas.
5) Menyampaikan kembali isi teks yang telah di tulis.

Berdasarkan bacaan di atas, simpulan yang paling mungkin dalam bacaan adalah “Pendidikan mempunyai peranan penting karena pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.” Hal ini ditunjukkan dengan kalimat (1) dan (2), yaitu “(1) Pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. (2) Pendidikan mempunyai peranan penting dalam hal ini.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Semoga membantu ya ????