fbpx
Breaking News

Blockchain terdiri dari gabungan dua kata, yakni block yang artinya kelompok dan chain yang berarti rantai. Penamaan tersebut mencerminkan bagaimana cara kerja blockchain yang menggunakan sumber daya komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung satu sama lain dengan tujuan mengeksekusi transaksi. Sesuai namanya, blockchain merupakan rantai blok urut yang dirangkai dan didistribusikan bersama. Setiap blok terdiri dari ledger (buku besar) dan tiga elemen, yakni data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Jenis data yang digunakan pada teknologi ini bergantung pada tujuan blockchain itu sendiri. Contohnya, dalam bitcoin data blok berisikan seluruh detail transaksi, mulai dari jumlah koin, pengirim, hingga penerima. Hash berisikan data berupa tanda tangan atau sidik jari atau tanda tangan. Hash digunakan untuk mengidentifikasi blok dan seluruh isinya dalam kode unik. Hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang membawa jejak informasi sebelumnya sekaligus mengamankan rantai blockchain. Kesimpulan yang paling tepat untuk bacaan di atas adalah

Blockchain terdiri dari gabungan dua kata, yakni block yang artinya kelompok dan chain yang berarti rantai. Penamaan tersebut mencerminkan bagaimana cara kerja blockchain yang menggunakan sumber daya komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung satu sama lain dengan tujuan mengeksekusi transaksi. Sesuai namanya, blockchain merupakan rantai blok urut yang dirangkai dan didistribusikan bersama. Setiap blok terdiri dari ledger (buku besar) dan tiga
elemen, yakni data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Jenis data yang digunakan pada teknologi ini bergantung pada tujuan blockchain itu sendiri. Contohnya, dalam bitcoin data blok berisikan seluruh detail transaksi, mulai dari jumlah koin, pengirim,
hingga penerima. Hash berisikan data berupa tanda tangan atau sidik jari atau tanda tangan. Hash digunakan untuk mengidentifikasi blok dan seluruh isinya dalam kode unik. Hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang
membawa jejak informasi sebelumnya
sekaligus mengamankan rantai blockchain.

Kesimpulan yang paling tepat untuk bacaan di atas adalah
A. Blockchain adalah sejenis bitcoin.
B. Blockchain sistem pengkodean data.
C. Blockchain adalah rantai baja pada kapal laut.
D. Blockchain adalah suatu sistem penyimpanan data digital.
E. Blockchain menggunakan sistem bitcoin.

Jawaban soal di atas adalah D. Blockchain adalah suatu sistem penyimpanan data digital.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Simpulan memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari ringkasan atau rangkuman. Ciri-ciri tersebut sebagai berikut:
1. Simpulan harus sederhana, singkat, dan jelas. Kesimpulan secara keseluruhan merangkum gagasan-gagasan yang dipaparkan di bagian isi.
2. Pesan di dalam teks semua tersampai walau dengan cara yang lebih singkat.
3. Berisi intisari teks yang mencakup keseluruhan isi.
4. Dibuat berdasarkan kata kunci yang terdapat pada ide pokok dan penjelas
5. Simpulan dapat ditemukan di akhir kalimat, namun bisa juga bergabung dengan kalimat utama. Untuk itu, gabungkan kalimat utama dengan kalimat akhir pada teks untuk membuat sebuah kesimpulan.

Berikut langkah-langkah membuat kesimpulan:
1. Baca teks dengan saksama untuk memahami isinya.
2. Catat ide pokok dalam teks.
3. Tulis kembali berbagai pokok pikiran dengan susunan kalimat sendiri dengan ringkas berisi informasi yang ditulissecara jelas serta runtut.

Ada tiga informasi penting pada paragraf di atas yang dapat digunakan untuk menarik kesimpulan:
1. Cara kerja blockchain menggunakan sumber daya komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung satu sama lain dengan tujuan mengeksekusi transaksi.
2. Blockchain terdiri dari tiga elemen, yakni data, hash, dan hash dari blok sebelumnya.
3. Jenis data yang digunakan pada teknologi ini bergantung pada tujuan blockchain itu sendiri. Contohnya, dalam bitcoin data blok berisikan seluruh detail transaksi, mulai dari jumlah koin, pengirim hingga penerima.
Dari ketiga informasi penting di atas, dapat diketahui bahwa blockchain adalah sumber daya komputer yang tujuan untuk menyimpan data. Dari informasi ini dapat disimpulkan “Blockchain adalah suatu sistem penyimpanan data digital.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Semoga membantu.😊