fbpx
Pinter Investasi Saham di Ajaib

Pinter Investasi Saham di Ajaib

Halo temen-temen. Saya tahu ada banyak teman-teman yang ingin investasi saham. Udah install ajaib. Tapi masih bingung gimana mulai nya. Mulai dari mana?

Kebetulan saya udah banyak cerita Gimana caranya pilih saham dengan fundamental yang baik. Gimana caranya analisa saham. Bahkan sampai Gimana cara pilih saham yang punya devidend yield yang baik. Nah, kalau Mungkin banyak di antara teman-teman yang bingung gimana cara pakai aplikasinya ajaib. Hari ini saya akan kupas tuntas.

Karena Ajaib bisa jadi Super app di sektor saham Indonesia saat ini.

Nah, di video kali ini saya akan bahas khusus tentang Gimana caranya investasi saham pakai ajaib. Saya akan ajarin step-by-step mulai dari dasar. Dan pastikan temen-temen udah KYC terlebih dahulu ya. Tapi sebelumnya, kita bahas ajaib sekilas ya.

Apa itu ajaib? Ajaib adalah perusahaan sekuritas saham yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Beda dengan aplikasi saham yang lain. Di ajaib kita bisa daftar secara online tanpa minimum deposit. Di 2020 yang lalu, ajaib menjadi unicorn fintech pertama di Asia Tenggara.

Dan satu dari empat investor Reksadana baru, menggunakan ajaib untuk investasi. Nah, di ajaib kita bisa investasi saham dan Reksadana sekaligus. Ajaib juga sudah menjadi perusahaan Indonesia yang paling cepat mendapatkan predikat Unicorn. Kalau teman-teman mau install ajaib, gunakan kode undangan saya, ANGGA 99. Agar bisa mendapatkan hadiah saham dari ajaib.

Syaratnya teman-teman harus KYC dan deposit ya. Nah, apakah ajaib Ini aman? Itu yang banyak ditanyain temen-temen kan? Tentu saja aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sudah menjadi anggota Bursa Efek Indonesia dan menjadi anggota dana perlindungan modal.

Juga mendapatkan izin menjadi agen penjual Reksadana. Dan juga mendapatkan izin dari menkominfo untuk transaksi online. Tapi pastikan teman-teman install ajaib yang ada di playstore ataupun Appstore. Bukan titipan dana di telegram yang mengatasnamakan ajaib. Ajaib juga bagi-bagi angpao loh.

Tiap ajak tiga teman investasi di ajaib dengan kode ajaib mu. Kamu berhak dapat hadiah saldo investasi senilai Rp.100.000 dan 3 Lot saham hingga 10 kali. Ada juga Grand Prize senilai ratusan juta.

Informasi lebih lengkap ada di kolom deskripsi ya teman-teman. Nah, gimana cara daftar di ajaib? Gampang aja, teman-teman tinggal install ajaib dan jangan lupa pakai kode undangan saya ya. ANGGA99. Nanti teman-teman akan mendapatkan koin ajaib yang bisa ditukar menjadi saham.

Setelah itu teman-teman ikuti panduannya aja untuk KYC. Nah, nanti teman-teman akan secara otomatis didaftarkan di bank kustodian dan mendapatkan rekening dana nasabah.

Semuanya melalui online. Nah, kita pelajari dulu halaman home ajaib ya. Di atas ini adalah total investasi kita.

Ini total return dari investasi kita. Ini Buying power kita. Dana dingin yang bisa kita belikan saham atau Reksadana. Kalau mau top-up, teman-teman klik menu ini. Nanti kita akan bahas lebih dalam ya tentang Gimana caranya top up.

Ini adalah info RDN kita atau rekening dana nasabah. Kemudian disini berisi informasi mengenai penyelesaian transaksi jual-beli Saham kita. Di sini ada info-info penting. Di sini ada watchlist saham pilihan kita. Kita juga bisa membuat watchlist kita sendiri dengan menekan tombol + ini.

Untuk Reksadana, teman-teman tinggal pilih pilihan Reksadana. Kalau teman-teman mau belajar saham, teman-teman bisa pilih menu yang ini. Ada banyak sekali topik mengenai saham yang bisa teman-teman pelajari. Di menu yang ini, berisi analisa saham terkini. Dan ini fitur yang nggak ada di aplikasi lain.

Yaitu fitur jet untuk mengakses grup diskusi. Nah, teman-teman tinggal Klik dan masuk ke room chat-nya. Di sini kalau kamu mau ajak teman-teman investasi. Nanti teman-teman yang kalian ajak dan kalian sendiri juga sama-sama mendapatkan koin ajaib. Yang tentu saja bisa ditukar dengan saham.

Di bawahnya ada menu berita. Teman-teman bisa lihat berita terbaru. Dan ada fitur penanda saham apa yang berpengaruh terhadap berita ini. Nah, di menu paling bawah. Ini halaman home yang sedang kita buka sekarang.

Ini halaman cari, kalau teman-teman mau cari saham. Ini halaman portofolio. Portofolio saham kita. Ini halaman transaksi. Berisi Saham yang kita order.

Ini halaman Kabar atau berita. nanti kita akan telusuri satu-satu Ya. Next, Gimana cara deposit di ajaib? Gampang banget, teman-teman tinggal ke menu top up ini dan transfer ke RDN kita.

Kita hanya transfer ke RDN atas nama kita sendiri ya.

Bukan ke rekening orang lain yang mengatasnamakan ajaib. Nah kita bisa transfer melalui bank BCA, ovo, gopay, dan dana. Cara detail-nya, teman-teman bisa cek di halaman pembayaran. Karena saya lebih banyak menggunakan Bank, jadi saya lebih banyak menggunakan transfer antar bank. Oke, setelah dari menu Home atau beranda.

Kita menuju ke menu cari ya. Ada apa aja sih di menu cari? Gimana caranya mencari saham dan Reksadana.

Teman-teman bisa lihat tiga sub menu di atas ini. Ada indeks, saham, dan Reksadana.

Kita mulai dari indeks dulu ya. Ini pergerakan IHSG. Teman-teman bisa lihat pergerakannya mulai dari satu hari, satu minggu, dan satu bulan. Open, ini harga buka hari ini. High, harga tertinggi hari ini.

Low, harga terendahnya. Lot adalah jumlah total volume yang diperdagangkan. Value, jumlah total marketcap di IHSG. Frekuensi, ini jumlah transaksi. Di menu ini, teman-teman juga bisa lihat indeks lainnya lho.

Ada LQ45, ini index 45 perusahaan terbaik. JII dan lain-lain. Nah, nanti kapan-kapan aja kita akan bahas secara khusus tentang indeks saham ya. Teman-teman juga bisa Klik di menu selengkapnya ini untuk Lihat seluruh indeks di bursa saham Indonesia. Runing trade, ini adalah trade yang sedang berlangsung.

Nah, di ajaib teman-teman juga bisa lihat pergerakan indeks global. Dan teman-teman juga bisa melihat pergerakan mata uang dan komoditas. Tapi untuk indeks luar negeri dan komoditas, teman-teman enggak bisa bertransaksi di ajaib ya. Karena ajaib merupakan aplikasi jual beli saham di Bursa Indonesia aja. Oke, kita meluncur ke sub menu saham ya.

Temen temen bisa lihat agenda atau kalender saham. Di sini temen-temen bisa melihat jadwal deviden, RUPS, dan lain-lain. Nanti kita akan bahas Lebih detail.

Nah, temen-temen juga bisa mengikuti IPO. Dan untuk caranya lebih detail gimana, akan saya share di video yang lain.

Karena video ini udah cukup panjang. Yang penting hari ini temen-temen bisa pakai aplikasinya ajaib. Next, yang unik di ajaib ada analisa saham terkini. Di mana analisa ini membantu kamu untuk melakukan transaksi jual beli saham. Bahkan panduan buy Price, take profit, dan stop lossnya pun ada.

Kita kembali lagi ke menu cari. Di sini ada saham-saham yang sedang trending. Nah, teman-teman juga bisa mencari saham berdasarkan kategorinya. Mau top value, top volume, top frekuensi, dan lain-lain. Semuanya ada.

Dan di menu yang ini, teman-teman bisa melihat Reksadana ataupun ETF. Di paling bawah, temen-temen bisa melihat gain dan Loss sektor suatu saham. Jadi teman-teman bisa melihat gambaran besarnya. Atau kita juga bisa memilih saham berdasarkan sektornya dengan memilih salah satu sektor ini. Nah, nanti kalau udah dipilih.

Akan muncul saham-saham yang ada di sektor itu. Nah, kalau mau cari Reksadana gimana? Tetap di halaman yang sama ya guys.

Sekarang kita ke sub menu Reksadana. Di halaman ini kita bisa melihat top performer nya.

Ini adalah daftar reksadana yang performanya lebih baik dibandingkan dengan reksadana lain. Performa ini dilihat dari berdasarkan AUM, return Tiga tahun, dan rating-nya. Di bawah, teman-teman bisa memilih Reksadana berdasarkan jenis Reksadananya dan berdasarkan manajer investasinya. Teman-teman tinggal klik salah satunya aja. Oke, kalau kita mau beli Reksadana Gimana caranya?

Teman-teman sudah ke halaman cari dan memilih submenu Reksadana kan? Nah, teman-teman pilih aja mau beli reksadana yang mana. Reksadana top performer kah, atau Reksadana saham, pendapatan tetap, pasar uang, ataupun campuran. Oh ya, tentang Reksadana dan jenis-jenisnya. Udah pernah saya buat videonya di video yang ini.

Jadi teman-teman bisa nonton ulang video itu. Misalkan nih, kita pilih Reksadana saham ya. Ini return-nya. Oh ya, ini return untuk tiga tahunnya ya. Dan grafiknya bisa teman-teman pilih.

Ini overview nya. Ini biaya manajemennya. Ini AUM-nya. AUM ini total dana kelolaan. Saran saya sih temen-temen cari yang AUM-nya besar ya.

Di bagian bawah, ada alokasi aset nya. Kemudian ada komposisi saham yang ada di Reksadana ini. Ini bagian keterangannya. Oh ya, yang menarik nih di ajaib. Biasa sektor dan tarik Reksadana ini nol.

Tanpa biaya. Teman-teman bisa lihat prospektus dan fund fact nya di menu yang ini. Dan ada kalkulator investasi kalau teman-teman mau mencoba simulasi. Nah, kalau teman-teman mau beli reksadananya.

Tinggal klik beli.

Pilih metode pembayaran. Dan ini estimasi berapa lama unit kita diterima ya, atau diproses. Nah, kalau sudah oke. Teman-teman klik setor. Gimana cara cari saham?

Nah, teman-teman tetep pilih di halaman cari ini. Pilih saham dan pilih gambar kaca pembesar ini. Teman-teman bisa mencari berdasarkan kategori. Bisa berdasarkan top value-nya, top volumenya, top frekuensinya, dan lain-lain. Atau kalau teman-teman mau mencari berdasarkan sektornya, bisa balik ke halaman cari tadi di dibagian paling bawah ada menu sektor.

Pilih aja. Nah, nanti akan muncul Saham-saham yang ada di sektor itu. Next, Gimana cara beli saham di ajaib? Nah, Sebelumnya kan kita udah belajar nih caranya mencari saham. Nah, sekarang yuk kita beli sahamnya.

Teman-teman tinggal klik aja. Misalnya saham BBCA ini ya. Teman-teman akan diarahkan ke halaman ini.

Ini adalah harga saat ini. Ini kenaikan atau penurunan hari ini.

Iini grafiknya. Teman-teman bisa pilih timelinenya ya. Atau pilih grafiknya, mau candlestick ataupun line chart. Dan kalau teman-teman mau jual, tinggal klik jual. Kalau teman-teman mau beli, tinggal klik beli.

Misalkan kita mau beli nih ya. Di halaman ini, teman-teman bisa pilih limit order atau auto order. Limit order adalah permintaan jual-beli saham yang harganya kita tentukan sendiri. Order kita kemudian akan dieksekusi jika match dengan order book. Kalau belum match, maka akan bertahan hingga hari akhir bursa.

Gimana cara melihat performa atau analisa suatu saham. Nah, di ajaib kelebihannya ini kita bisa mendapatkan analisa suatu saham secara komprehensif. Caranya gampang, tinggal cari aja saham yang mau kita analisa. Cara carinya, teman-teman Tadi kan udah belajar. Misalnya di emiten ini.

Teman-teman bisa pilih berita untuk lihat berita yang berhubungan. Bisa pilih broker summary untuk cek aktifitas seluruh broker di emiten ini. Bisa cek analisis. Di sini ada analisa rekan-rekan para analis saham. Nah, yang penting di sini adalah key statistik-nya.

Mulai dari performance, valuasi, hingga solvency-nya ada beserta peringkatnya.

Nah, ini apa aja artinya. Temen-temen bisa lihat di video saya yang ini. Di sini saya jelasin detail banget. Nah, teman-teman juga bisa lihat analisa teknikal nya.

Ada kesimpulan untuk trading jangka menengah, indikator teknikal nya, dan moving average-nya. Nah, teman-teman juga bisa melihat laporan keuangannya di sini. Ada profit marginnya, penghasilan kotor, dan net income nya. Tentu saja semakin besar net revenue nya, makin baik ya temen-temen. Tapi tetep harus dilihat berdasarkan sektornya juga.

Teman-teman juga bisa melihat cash flownya di bagian Corp Action. Teman-teman bisa melihat aksi korporasi perusahaan ini. Ada deviden, RUPS, Stock Split, dan lain-lain. Untuk profilnya, temen-temen bisa lihat sekilas sejarah dan direksi perusahaan saat ini. Lengkap banget kan?

Selain lengkap, menu di Ajaib Ini user friendly banget. Dan pastikan teman-teman hanya investasi saham dengan ajaib ya. Pakai kode ANGGA99 untuk mendapatkan hadiah saham. Gimana cara liat portfolio kita? Nah, kita bisa lihat portfolio kita di menu portfolio yang ini.

Nanti akan muncul semua portfolio kita, sekaligus dengan nilai dan return-nya. Di sini kita bisa melihat portfolio saham dan Reksadana kita. Gimana cara jual Saham kita? Di menu portfolio tadi, pilih salah satu emiten yang mau kita jual.

Kemudian pilih jual.

Teman-teman bisa pilih limit order atau auto order. Nah, limit order ini lebih simple sih. Tinggal pilih kita mau jual di harga berapa. Kalo auto order ini memprogram ajaib untuk menerapkan auto order jual ataupun beli di harga tertentu. Kita belajar jual dengan limit order ya teman-teman.

Kalian bisa tulis harganya, jumlah lot yang mau dijual, lot yang dimiliki, total penjualan, dan teman-teman juga bisa Set periode jualnya. Mau periode jual per hari atau per sesi. Di bawah, temen-temen bisa melihat order book. Gimana cara jual Reksadana kita? Pilih halaman Reksadana.

Pilih reksadana yang mau dijual. Nah, temen-temen tinggal klik tarik aja.

Kemudian tulis jumlah penarikan. Pilih penarikan penuh Kalau mau menarik full. Jumlah yang tersedia saat ini.

Ini unitnya. Dan ini rekening RDN kita. Atau teman-teman bisa pilih withdraw ke rekening lain agar dananya bisa segera digunakan. Untuk proses penarikan reksa dana, maksimal adalah tujuh hari kerja ya teman-teman. Karena masih ada proses di bank kustodian.

Jangan lupa juga untuk centang bagian yang ini. Next, Gimana cara withdraw di ajaib? Gampang banget teman-teman. Teman-teman tinggal pilih menu ini. Kemudian pilih tarik.

Nah, tinggal masukkan aja berapa jumlah yang mau kita tarik. Tapi teman-teman wajib baca di ketentuan ini ya.

Nggak bisa menarik saldo antara jam 9.30 Hingga jam 02.00.

Dan keterangan lain-lainnya, nanti teman-teman bisa baca sendiri ya. Kalau sudah, teman-teman bisa pilih lanjut. Gimana cara melihat riwayat transaksi kita? Nah, teman-teman tinggal ke menu akun dan pilih riwayat. Di sini teman-teman akan melihat semua riwayat transaksi di ajaib.

Gimana cara melihat histori transaksi kita? Teman-teman bisa pilih menu Transaksi dan lihat order kita. Baik yang sudah tereksekusi ataupun belum tereksekusi, ada di menu yang ini. Jadi banyak banget kan ya fitur di Ajaib Ini? Ajaib ini boleh dibilang super app-nya investasi saham.

Berita ada, informasi harga komoditas ada, informasi harga indeks dunia ada, informasi analisa saham ada, ikut IPO bisa, analisa teknikal ada, analisa fundamental juga ada, laporan keuangan lengkap, bahkan menu chatting bersama sesama investor ada, dark mode juga ada. Teman-teman juga bisa ikut komunitas di ajaib di menu yang ini. Dan mulai chat dengan rekan-rekan sesama investor. Siapa tahu nih bisa dapat sinyal gratis..