Sebutkan tiga patahan atau sesar yang terjadi akibat pergeseran lempeng pada kerak bumi

sebutkan tiga patahan atau sesar yang terjadi akibat pergeseran lempeng pada kerak bumi

Tiga patahan atau sesar yang terjadi akibat pergeseran lempeng pada kerak bumi adalah normal fault, reserve fault, dan strike fault.

Mari simak penjelasan berikut, untuk mengetahui alasannya.

Menurut ilmu geologi, terdapat tiga jenis patahan yang terjadi akibat adanya pergeseran lempeng pada kerak bumi, yaitu normal fault, reserve fault, dan strike fault.

1.) Normal Fault
Normal fault terjadi jika patahan memungkinkan satu block memiliki lapisan yang bergerak searah namun relatif naik terhadap blok lainnya. Ciri yang sangat mudah ditemukan pada jenis normal fault adalah tingkat kemiringannya yang hampir 90 derajat.

2.) Reserve fault
Reserve fault merupakan patahan yang terjadi dengan arah yang relatif turun. Ciri yang mudah ditemukan pada jenis patahan ini adalah tingkat kemiringannya yang relatif kecil yaitu sekitar 45 derajat saja atau setengah dari kemiringan normal fault.

3.) Strike fault
Reserve fault terjadi jika patahan yang memiliki arah relatif mendatar baik itu ke kiri maupun ke kanan. Arah patahan ini memang tidak seluruhnya bergerak dengan arah mendatar namun juga bisa dengan arah vertikal. Pada patahan jenis ini yang bergerak ke arah kiri disebut dengan dekstral sedangkan untuk patahan yang bergerak ke kanan disebut dengan sinistral.

Dengan demikian, tiga patahan atau sesar yang terjadi akibat pergeseran lempeng pada kerak bumi adalah normal fault, reserve fault, dan strike fault.