Salah satu ciri penelitian adalah kontinuitas yang artinya:……..

Salah satu ciri penelitian adalah kontinuitas yang artinya:……..

Jawaban yang benar adalah menjadi sumber referensi untuk memperbaiki, mengembangkan, dan menguatkan konsep-konsep ilmu pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

Penelitian merupakan sebuah pengamatan terhadap satu atau beberapa gejala dan fenomena sosial. Penelitian memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Memiliki tujuan penelitian, kegiatan penelitian pastinya memiliki tujuan yang hendak dicapai dan pencapaian tersebut dapat diperoleh melalui pengumpulan data terkait objek penelitian.
2. Bersifat empiris (ilmiah), objek penelitian harus sesuai fakta dapat diteliti dengan metode-metode penelitian ilmiah.
3. Analisis logis, perolehan dan penulisan data harus disesuaikan dengan penggunaan teori yang dijelaskan secara logis.
4. Objek penelitian berupa gejala sosial, gejala sosial dapat dikatakan sebagai masalah sosial yang ingin diteliti, misalnya masalah kemiskinan atau tingkat kriminalitas yang tinggi di daerah tertentu.
5. Pengumpulan data secara objektif, dalam hal ini seorang peneliti harus bersikap objektif dan netral ketika melakukan observasi untuk mengumpulkan sumber data.
6. Penelitian dilakukan secara berkelanjutan (kontinuitas), penelitian terdahulu dapat menjadi sumber referensi bagi penelitian yang akan datang. Selain itu, penelitian yang berkelanjutan bertujuan untuk memperbaiki, mengembangkan, dan menguatkan kembali konsep-konsep dalam ilmu pengetahuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah menjadi sumber referensi untuk memperbaiki, mengembangkan, dan menguatkan konsep-konsep ilmu pengetahuan yang telah ada sebelumnya.