Satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan Tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalami sendiri disebut…

Satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan
Tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalami sendiri disebut…

Satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalami sendiri disebut deskripsi.

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya.

Dalam menyusun penelitian, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah pertama adalah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data atau mencari data-data yang dapat mendukung tema. Data dapat diperoleh dari wawancara, jurnal, buku, maupun hasil penelitian. Lalu selanjutnya, yaitu mengolah data.

Deskripsi dijadikan kaidah untuk pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri. Sehingga saat data yang dikumpulkan, deskripsi, analisis dan kesimpulannya lebih disajikan dalam angka-angka maka hal ini dinamakan penelitian kuantitatif. Sebaliknya, apabila data, deskripsi, dan analisis simpulannya disajikan dalam uraian kata-kata maka dinamakan penelitian kualitatif.

Dengan demikian, satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalami sendiri disebut deskripsi.

Semoga dapat membantu, ya 🙂